Jumat, 24 Mei 2024
29 C
Surabaya
More
    PendidikanMAN l Pasuruan Juara 2 Lomba Keterampilan Antar Madrasah Aliyah Nasional di...

    MAN l Pasuruan Juara 2 Lomba Keterampilan Antar Madrasah Aliyah Nasional di Palembang

    PASURUAN (Wartatransparansi.com) – Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) l Kabupaten Pasuruan yang menyertakan 2 guru dan 5 siswanya menjadi juara 2 nasional ajang Expo Madrasah Aliyah Plus Keterampilan di Palembang pada tanggal 16-19 Mei 2023 lalu.

    Untuk guru adalah Faishal Fadlie yang meraih Juara II Robot Kreatif dan M.Medik sebagai Juara II Best colour design tata busana. Sedangkan lima siswa diantaranya Iqbal dari kelas IIS 2 sebagai Juara II Best idea desain poster, Zidan dan Faishal dari kelas X2 dengan Juara II robotic coding mission, Almer dari kelas X2 dengan Juara II animasi scratch dan Yudi dari kelas X2 sebagai Juara II best desain animasi scratcth.

    Atas prestasi mereka semua, Kepala Sekolah MAN 1 Pasuruan, Nasrudin mengaku bangga. Hal itu lantaran jumlah siswa dan guru yang diikut sertakan dalam lomba, seluruhnya meraih juara.

    “Semuanya menang, meski tidak ada yang Juara I. Tapi saya sangat bangga dan bahagia dengan pencapaian mereka,” kata Nasruddin saat ditemui di sekolahnya, Rabu (31/05/2023).

    Khusus untuk guru, Faishal menegaskan bahwa hal tersebut menjadi pengalaman pertama. Lantaran sampai sejauh ini baru ada lomba yang mempertandingkan antar guru.

    “Biasanya antar pelajar, tapi sekarang justru antar guru juga ada. Dan ini menjadi pengalaman pertama dan pasti berkesan,” ucapnya.

    Diungkapkannya, selama lomba, ia dan peserta guru lainnya diminta untuk mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya dalam menciptakan sebuah robot dengan kemampuan teknologi yang inovatif.

    Ia masih ingat dengan pilihan presentasi smart parking, yakni dengan menciptakan sebuah robot bercode yang mampu mendeteksi serta memberikan informasi tentang kondisi parkir di tempat umum.

    “Smart parking, bisa menjawab kebutuhan orang yang ingin pergi ke tempat umum tapi gak tau parkirnya ada atau nggak. Dari sini saya ciptakan robot yang bisa mendeteksi nya,” ungkapnya.

    Dengan prestasi yang diraih para siswa dan guru, pihak sekolah menurut Nasruddin sudah menyiapkan reward berupa beasiswa. Dengan reward tersebut, setidaknya bisa terus mendorong agar terus bisa mengasah kemampuannya agar semakin bersinar.

    “Tentu dari Komite Sekolah sudah memperhatikan hal ini. Reward untuk para siswa ataupun guru yang berhasil menjadi juara dan membanggakan nama sekolah dan daerah,” harapnya. (*)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan