Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBatuKepemimpinan Dalam Islam Menurut Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron

    Kepemimpinan Dalam Islam Menurut Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron

    BATU (WartaTransparansi.com) Untuk meningkatkan pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kapasitas Pemimpin dalam memimpin suatu organisasi, Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Leadership Bagi Sekretaris Perangkat Daerah Kabupaten Pasuruan.

    Dalam agenda yang dilaksanakan di Hotel Kusuma Agrowisata, Kota Batu selama tiga hari (25-27 Mei 2023) tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko.

    Kemudian dilanjutkan dengan penyampaikan materi bertema Kepemimpinan Dalam Islam oleh Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron.

    Dalam arahannya, Gus Mujib sapaannya memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta agar mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik. Sekaligus berharap agar masing-masing individu mampu membangun dan bekerjasama dengan baik dalam mengelola organisasi. Baik yang ditunjukkan dalam upaya membangun hubungan yang sehat dan kuat antara atasan dengan stafnya maupun dengan cara membangun integritas, loyalitas dan kebersamaan yang baik dalam team work.

    “Seorang pemimpin itu harus mumpuni dalam menjalankan tugas pokok di organisasi yang dipimpinnya. Sekaligus harus memiliki kecakapan manajerial dalam hal kepemimpinan supaya mampu menjadi pemimpin efektif & inspiratif di era disrupsi. Hal itu juga yang kami harapkan dari hasil Bimtek Leadership,” kata Wakil Bupati kepada seluruh peserta kegiatan.

    Di sisi lain, Wakil Bupati menjabarkan tentang syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dalam Islam. Tidak hanya terpaku pada aqidah yang benar (aqidahsalimah) saja, melainkan juga wajib memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas (`ilmun wasi`un) dan akhlak yang mulia (akhlaqulkarimah).

    “Dalam Islam, seorang pemimpin juga berkewajiban memiliki kecakapan manajerial dan administratif dalam mengatur berbagai urusan. Juga memiliki passion untuk perubahan serta keberanian untuk memutuskan,” pintanya kepada seluruh peserta kegiatan Bimtek Leadership.

    Di akhir penyampaian materinya, Gus Mujib berbagi tips kepada seluruh peserta kegiatan tentang tantangan seorang pemimpin agar menjadi pemimpin berkarakter. Mulai dari pentingnya memiliki sikap untuk menjadi kuat tetapi tidak kasar, senantisa berbuat baik tetapi tidak lembek dan berani tetapi penuh pertimbangan.

    Hal itu tentunya diimbangi dengan sikap gigih dan kreatif serta bersikap rendah hati tetapi percaya diri. Tidak terkecuali, bangga tetapi tidak sombong serta memiliki rasa humor tetapi tidak konyol

    Sebelumnya, Kepala BKPSDM Kabupaten Pasuruan, Ninuk Ida Suryani menyatakan, Bimtek Leadership bagi Sekretaris Perangkat Daerah adalah upaya Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk mempertajam pembentukan karakter pemimpin yang loyalis dan berintegritas. Dengan demikian, ke depannya diharapkan mampu membuat keputusan secara lebih baik dengan kemampuannya dalam membangun tim yang berinovasi dan berkolaborasi.

    “Kami berharap, Bimtek Leadership dapat mempertajam psikologi kepemimpinan yang stabil para Sekretaris dan Kepala Bagian di masing-masing OPD. Juga untuk mempertajam dalam upaya membangun jiwa korsa dan mental kepemimpinan yang kuat dan handal,” tutur Wakil Bupati pada hari Jumat (26/5/2023) sore.

    Peserta kegiatan diikuti oleh ke-56 Pejabat Eselon 3 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Masing-masing terdiri dari Sekretaris Perangkat Daerah, Sekretaris Kecamatan, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Bangil, Kepala Bagian Umum dan Keuangan RSUD Grati dan Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan. (*/min)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan