Jumat, 24 Mei 2024
31 C
Surabaya
More
    OlahragaTradisi Akhir Musim, Belasan Pemain Tinggalkan Persebaya

    Tradisi Akhir Musim, Belasan Pemain Tinggalkan Persebaya

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Setelah menyelesaikan Liga 1 musim ini, sudah ada 11 pemain yang meninggalkan Persebaya. Ini menjadi tradisi bagi tim berjuluk Bajul Ijo yang selalu banyak ditinggalka sejak beberapa musim lalu.

    Mayoritas di antaranya memang tidak diperpanjang kontraknya oleh manajemen Bajul Ijo, julukan Persebaya. Namun ada pula yang memilih pergi untuk mencari pengalaman baru setelah mendapat gemblengan khusus dari pelatih Aji Santoso yang memang dikenal pencetak pemain muda berbakat.

    Sektor penjaga gawang menjadi salah satu titik evaluasi tim pelatih. Dari lima kiper yang tercatat memperkuat Persebaya musim lalu, dua di antaranya sudah terdepak. Kedua pemain tersebut adalah Satria Tama dan I Gede Dida Dyatmika.

    Satria Tama telah tampil di 14 pertandingan Persebaya di semua ajang pada musim lalu. Sedangkan Dida hanya menjadi pelengkap latihan tim kebanggaan Bonek itu.

    Sektor belakang juga tak luput dari perombakan. Persebaya dipastikan kehilangan dua pemain utama di jantung pertahanan, yakni Leo Lelis dan Rizky Ridho. Lelis tidak diperpanjang karena tim pelatih Persebaya membidik bek asing baru. Sedangkan Ridho memutuskan bergabung dengan Persija Jakarta. Bek asli Surabaya ini mendapatkan kontrak jangka panjang di Persija. Hingga 2026 mendatang.

    Selain Ridho dan Lelis, dua pemain lain yang meninggalkan Persebaya adalah Koko Ari Araya, Alta Ballah, serta Arizky Wahyu. Koko pergi sebelum Liga 1 musim 2022/2023 berakhir. Pemain yang sempat mengalami cedera panjang itu, akan berseragam Madura United musim depan.

    Alta Ballah juga dirumorkan bakal ke Madura United. Selain Madura, pesepak bola asa Tangerang ini diminati Persija Jakarta dan PSM Makassar. Sementara itu, belum diketahui ke mana Arizky Wahyu akan berlabuh pada musim depan.

    Dari komposisi pemain tengah dan depan, Michael Rumere, Janur Eka, dan Ahmad Nufiandani juga dipastikan meninggalkan Persebaya. Khusus untuk Nufiandani, ia dikenal sebagai supersub di skuad Persebaya pada musim 2022/2023 lalu.

    Nama terakhir yang dipastikan tidak ada dalam tim Persebaya musim depan adalah Marselino Ferdinan. Pesepak bola 18 tahun ini sudah bergabung dengan tim asal Belgia KMSK Deinze sejak akhir Januari 2023. Ia dikontrak hingga musim panas 2024 mendatang.

    Persebaya sendiri punya pengalaman untuk pemain asing. Setelah dua musim lalu kehilangan Taisei Marukawa, kali ini mereka tak ingin mengulangi pada Sho Yamamoto. Manajemen tim memutuskan mengikat kembali pemain asal Jepang itu bersama tiga pemain asing lainnya, yaitu Ze Valente, Paulo Victor, dan Bruno Moreira. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan