Sabtu, 15 Juni 2024
29 C
Surabaya
More
    LapsusMenuju Pilpres 2024Pengamat Politik SSC, Surokim: Safari Politik Anis Diuntungkan Waktu dan Momentum yang...

    Pengamat Politik SSC, Surokim: Safari Politik Anis Diuntungkan Waktu dan Momentum yang Tepat

    SURABAYA (WartTransparansi.com) – Safari politik yang dilakukan Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan yang diusung oleh tiga partai Koalisi Perubahan, Nasional Demokrat (NasDem), Demokrat dan PKS saat ini lebih diuntungkan dari waktu dan momentum yang tepat. Karena mereka mampu memanfaatkan waktu dan kampanye Pilpres yang lebih panjang.

    “Jika dibandingkan partai lainnya, Partai Koalifikasi Perubahan lebih banyak diuntungkan. Sebab, waktu untuk kampanye lebih banyak, karena mereka sudah memiliki capres yang fix,” ungkap pengamat politik dari Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdusalam mengomentara riuh safari politik Anies selama di Jawa Timur khususnya ke Surabaya dan Madura.

    Dosen Ilmu Politik Universitas Trunojoyo Bangkalan ini menambahkan, dengan mementukan capres lebih cepat dibandingkan partai lainnya akan semakin menguntungkan panjangnya sosialisasi. Bayangkan ketika partai lain masih belum menentukan paslon capresnya, Koalisi Perubahan sudah selangkah lebih jauh untuk memberikan masukan kepada masyarakat.

    “Seperti kita ketahui, dalam kampanye pemilu 2024 memang waktu yang dibutuhkan capres sangat pendek untuk berkampanye. Apalagi hingga belum ada pesaing Anis Baswedan ke publik yang diusung partai atau koalifisi partai lainnya. Mereka masih ngambang,” tambah peneliti senior SSC ini.

    Menyinggung soal safari politik Anies Baswedan ke Jawa Timur selama 2 hari seharusnya menjadi energi politik buat Koalisi Perubahan maupun Anis Baswedan sendiri. Tentunya Anis berusaha memfokuskan untuk mendorong politik programatik agar bisa memberi makna dalam kontestan politik. “Saya pikir apa yg sdh dilakukan di Jatim selama 3 hari itu positif dan harus terus istiqomah mendorong politik programatik guna mereduksi tone negatif yg selama ini masih ada di masyarakat. Saya pikir itu yang menjadi tantangan Mas Anies,” ujarnya.

    Ke depannya, Koalisi Perubahan harus bergerak lebih cepat lagi untuk mengusung politik programatik ini,  di saat koalisi lain masih belum jelas. Dan harusnya itu bisa menjadi energi penggerak koalisi perubahan. (sr/min)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan