Selasa, 21 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    OlahragaTiga Mantan Pemain dan Pelatih Persebaya Ikuti Kursus Lisensi AFC Pro

    Tiga Mantan Pemain dan Pelatih Persebaya Ikuti Kursus Lisensi AFC Pro

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Tiga mantan pemain dan pelatih Persebaya Moh Zein Alhadad, Uston Nawawi dan I Putu Gede Swie Santoso masuk daftar 24 pelatih yang melanjutkan kursus pelatih Lisensi AFC Pro modul keempat dengan terbang ke Turki.

    “Kita akan menjalani program di Turki mulai 16 hingga 28 Maret 2023 nanti. Kita berangkat bersama-sama lima hari menjelang puasa. Dan, kita akan mengikuti program di Turki sepanjang bulan puasa,” ujar Mamak –panggilan akrab Moh Zein Alhadad.

    Pelatih yang banyak meraih prestasi saat menangani klub di Liga Indonesia, terakhir membawa Deltras Sidoarjo lolos ke Liga 2 musim 2022-2023 lalu.  “Kami mengikuti program pelatihan yang disiapkan oleh PSSI bekerja sama dengan FIFA pada tahun 2023 ini. Karena itulah, saya bersama teman-teman siap menyelesaikan secara tuntas termasuk di Turki nanti,” tutur mantan striker timnas Indonesia dan Niac Mitra Surabaya ini.

    Baca juga :  Kejurda Tarung Bebas Indonesia Meriahkan HJKS di Gelora Pancasila Surabaya

    Sebelumnya dia bersama 23 pelatih lainnya sudah menyelesaikan kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro modul tiga. Modul tiga terfokus pada Football session yang dilaksanakan secara langsung alias tatap muka di Kota Tangerang Selatan, Banten pada 9-19 Januari 2023.

    Kursus pelatih Pro AFC adalah kursus yang tertinggi lisensinya di tingkat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk ikut kursus Pro AFC, yakni memiliki lisensi A AFC/UEFA dan masih aktif melatih tim/klub senior atau tim nasional. Kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro modul tiga ini diikuti 24 pelatih ternama Indonesia.

    Adapun untuk Instrukturnya, adalah Moh. Basir Instruktur FIFA – AFC. Pria asal Singapura itu sekarang bekerja untuk Departemen Coaching Education FIFA yang dibantu oleh Yeyen Tumena dan Mundari Karya selaku asisten instruktur.

    Baca juga :  Kejurda Tarung Bebas Indonesia Meriahkan HJKS di Gelora Pancasila Surabaya

    Yeyen Tumena mengatakan kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro ini merupakan program utama PSSI untuk menambah jumlah pelatih lokal yang memiliki linsensi Pro. “Sebenarnya program ini sudah kita kami canangkan pada 2020. Tapi karena pandemi kami tidak bisa mendatangkan Instruktur dari luar negeri,” kata Yeyen kepada wartawan.

    Kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro ini terdiri dari tujuh modul. Pada modul keempat para peserta akan berkunjung ke salah satu klub di Turki pada Maret 2023. “Modul kelima ujian praktek dan modul sepakbola. Modul keenam Match Analisa Piala Dunia U-20 di Indonesia dan modul ketujuh adalah ujian terakhir. Para pelatih akan datang ke klub masing-masing,” jelas Yeyen.

    Baca juga :  Kejurda Tarung Bebas Indonesia Meriahkan HJKS di Gelora Pancasila Surabaya

    Daftar Peserta Kursus AFC Pro: Agus Sugeng Riyanto, Bima Sakti, Eko Purdjianto,  Fakhri Husaini, Firmansyah, Francis Raynald Wewengkang, H. Syamsuddin Battola, Hendri Susilo, Imran Nahumarury, Jafri Sastra, Kartono Pramdhani, M.pd, Kas Hartadi, Lukas Torona Tumbuan, Moh Zein Alhadad, Mahruzar Nasution, Miftahudin, Muhamad Yusup Prasetiyo, I Putu Gede Swi Santoso, Rasiman, Ricky Nelson, Yopie Riwoe, Sudirman, Uston Nawawi, Yogie Nugraha. (sr)

     

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan