Selasa, 7 Februari 2023
24 C
Surabaya
More
    OlahragaSah Jadi WNI, Shayne Pattynama Siap Perkuat Timnas

    Sah Jadi WNI, Shayne Pattynama Siap Perkuat Timnas

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Shayne Pattynama sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) selepas mengucap sumpah setia kepada NKRI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta pada Selasa (24/1/2023).

    Shayne Pattynama mengikuti acara pengambilan sumpah menjadi WNI dengan khidmat. Pemain kelahiran Belanda itu datang ke Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dengan menggunakan setelan jas formal, lengkap dengan peci dan dasi. Ia diambil sumpah sekira pukul 17.00 WIB.

    Pria 24 tahun itu akhirnya menyelesaikan seluruh rangkaian pengambilan sumpah dan sah menjadi WNI.  Dengan statusnya yang resmi menjadi WNI, peluangnya mendapat panggilan ke Timnas Indonesia semakin terbuka.

    Apalagi, program naturalisasi Shayne Pattynama ini memang ada sangkut pautnya dengan kepentingan timnas sepak bola Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong merekomendasikan Shayne agar bisa menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia di kancah internasional.

    Baca juga :  Shin Tae-yong Kecewa Ronaldo dan Marselino ke Luar Negeri Tanpa Laporan

    Kini, impian STY membawa Shayne ke dalam skuadnya kemungkinan besar menjadi kenyataan. Tak ada hambatan besar yang menghalangi pemanggilan sang bek kiri ke skuad Garuda.

    Kehadiran Shayne menjadi tambahan kekuatan Timnas Indonesia. Shayne diharapkan bisa membantu skuad Merah Putih tampil di Piala Asia 2023 dan event lainnya.

    Meski berposisi sebagai pemain bertahan, Shayne Pattynama juga tampil ofensif di beberapa kesempatan. Torehan menterengnya terjadi saat membela klub Liga Belanda, Telstar.Ia mencatatkan 5 gol dan 5 assist kala berseragam klub Belanda itu.

    Setelah pengambilan sumpah, Shayne Pattynama mendapatkan wejangan dari Kepala Kanwil Kemenkumham Jakarta, Ibul Chuldun. Shayne diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia meraih prestasi. Dengan demikian, Shayne Pattynama menjadi pemain naturalisasi ke-38 sepanjang sejarah. Data tersebut mengacu ke daftar pemain naturalisasi yang terekspose di publik.

    Baca juga :  Berhentikan Rahmad Darmawan, Rans Nusantara FC Datangkan Pelatih Brasil

    Dalam proses pengambilan sumpah, Shayne Pattynama dengan lantang menyanyikan lagu Indonesia Raya. Shayne terlihat tidak kesusahan dalam bernyanyi menggunakan bahasa Indonesia. Setelah itu pengambilan sumpah, Shayne juga turut menyanyikan lagi Bagimu Negeri. (sr)

     

    Profil

    Nama Lengkap: Shayne Elian Jay Pattynama

    Kelahiran: Lelystad, Belanda 11 Agustus 1998 (usia 24 tahun)

    Kewarganegaraan: Belanda-Indonesia

    Klub saat ini: Viking FK

    Posisi: Bek kiri, gelandang

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan