Selasa, 23 Juli 2024
23 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanKomisi D DPRD Surabaya Sepakati Gelontor 500 Milyard Untuk Pembangunan Rumah Sakit...

    Komisi D DPRD Surabaya Sepakati Gelontor 500 Milyard Untuk Pembangunan Rumah Sakit Surabaya Timur

    SURABAYA (Warta Transparansi.com) – Komisi D DPRD Kota Surabaya memastikan Pemerintah Kota Surabaya akan pembangunan Rumah Sakit (RS) di kawasan Surabaya Timur yang menelan anggaran APBD sebesar Rp500 miliar. Rumah Sakit yang khusus menangani Ibu dan Anak.

    Ketua Komisi D, Khusnul Khotimah menjelaskan, Pemkot Surabaya akan membangun rumah sakit di kawasan Penjaringan Sari Surabaya Timur pada tahun 2023, dengan menggunakan anggaran mulitiyears dua tahun dari APBD Kota Surabaya, sebagaimana penjelasan dari pihak Gubernur Jawa Timur,

    “Tapi kemarin dari hasil evaluasi Gubernur Jatim, bahwa multiyears APBD itu hanya dua tahun, dan tidak perlu di paripurnakan, jadi langsung jalan untuk rencana pembangunan rumah sakit Surabaya Timur ini,” ujarnya kepada media, Senin (26/12/22).

    Baca juga :  Rekom PKS Turun, Khofifah : Insya Allah Menjadi Penguatan  Sinergi Produktif

    Ia mengungkapkan, proyek rumah sakit ini direncanakan menelan anggaran Rp500 miliar lebih, dimana tahun pertama dianggarkan sebesar Rp300 miliar untuk manajemen kontruksi, dan sisanya di tahun ke dua yaitu tahun 2024.

    “ Karena ini masih tahap awal perencanaan, jadi Komisi D akan terus sharing dengan Pemkot Surabaya,” katanya.

    Yang jadi pertanyaan kami di Komisi D DPRD Surabaya, mengapa rumah sakit Surabaya Timur ini dikhususkan untuk rumah sakit Ibu dan Anak. Khusnul menambahkan, karena proyek ini multiyears, maka dinas terkait harus melihat time line yaitu, kapan harus lelang, karena manajemen konstruksi itu kan butuh waktu tiga bulan.

    “ Agar ini menjadi langkah kepastian bagi Pemkot Surabaya untuk membangun rumah sakit di Penjaringan Sari Surabaya Timur,” tegasnya.

    Baca juga :  Pj. Gubernur Adhy Pastikan Jatim Siap Majukan Industri Kelapa Berkelanjutan dan Wujudkan Ekonomi Hijau

    Politisi perempuan PDI Perjuangan ini menegaskan, Pemkot Surabaya segera menuntaskan proyek pembangunan rumah sakit di wilayah timur ini. Karena anggaran kesehatan ini merupakan anggaran terbesar dalam postur APBD Kota Surabaya setelah pendidikan. Namun demikian Pemkot juga harus memperhatikan sarana kesehatan di puskesmas.

    “Tapi juga wajib di alokasikan ke layanan-layanan kesehatan lainnya seperti, anggaran untuk Puskemas. Jadi pembangunan rumah sakit ini jangan sampai mengganggu anggaran layanan kesehatan lainnya, sesuai yang disepakati dalam pembahasan APBD,” pungkasnya. (*)

    Reporter : Sumardji

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan