Kamis, 28 Maret 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaKetua HWK Surabaya Aries Kristyani Dorong Wanita Ikut Aktif Pemilihan RT,RW dan...

    Ketua HWK Surabaya Aries Kristyani Dorong Wanita Ikut Aktif Pemilihan RT,RW dan LPMK

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Ketua Himpunan Wanita Karya (HWK) Kota Surabaya, Hj. Aries Kristyani mendorong para ibu-ibu di Kota Pahlawan ikut aktif terlibat dalam kegiatan pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) di Kota Surabaya yang digelar serentak dalam akhir tahun 2022 ini.

    Seperti diketahui, Pemkot Surabaya membuat Perwali 112/2022 yang mengatur tentang pemilihan ketua RT, RW, dan lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan (LPMK). Itu bertujuan untuk mengantisipasi munculnya gesekan di masyarakat saat pemilihan berlangsung.

    Di forum sambat warga, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kerap menerima aduan soal kepengurusan RT, RW, dan LPMK. Contohnya, ada warga yang melaporkan bahwa kepengurusan RT di wilayahnya tidak terbentuk lewat musyawarah mufakat. Ada pula yang merasa tidak dilibatkan dalam pemilihan RT.

    Baca juga :  Khofifah Sayangkan Banyaknya Hoax Gempa Tuban

    Perwali 112/2022 akan menjadi pedoman pembentukan, pembinaan, hingga pengawasan organisasi kemasyarakatan seperti RT, RW, dan LPMK. ”Termasuk mempertegas tugas dan fungsi RT, RW, dan LPMK,” paparnya.

    Ketua HWK Kota Surabaya Aries Kristyani berpesan kepada masyarakat Kota Surabaya agar cermat dalam memilih, karena pengurus RT, RW, dan LPMK memiliki peranan penting dalam masyarakat. “Kita harapkan seluruh masyarakat turut berpartisipasi secara aktif dalam pemilihan pengurus di tingkat ini. Khususnya untuk para ibu-ibu untuk lebih berani aktif untuk kepentingan lingkungannya,” ujarnya.

    Sebagai warga tentunya, Ketua HWK Kota Surabaya mengharapkan pemilihan RT, RW dan LPMK di Surabaya bisa berjalan lancar tanpa gangguan. Khususnya setiap pemilihan diharapkan juga mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat sesuai yang diatur di dalam Perwali 112/2022.

    Baca juga :  PMI Jatim Buka Bersama 10 Panti Asuhan di Surabaya

    “Kita juga mengharapkan wanita juga harus siap dan berani untuk menjadi Ketua RT maupun RW atau LPMK sebagai bentuk emansipasi,” pintanya.

    Intinya lanjut dia, sebagai HWK, Aries Kristyani mendorong agar wanita berani berpartisipasi pada kegiatan pemilihan serentak di Kota Surabaya tahun 2022 ini. (*)

    Reporter : firli

    Sumber : WarrtaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan