Senin, 22 Juli 2024
23 C
Surabaya
More
    Jawa TimurTrenggalekKepala BNPB Datangi Banjir Trenggalek Beri Bantuan Dana & Logistik

    Kepala BNPB Datangi Banjir Trenggalek Beri Bantuan Dana & Logistik

    TRENGGALEK (WartaTransparansi.com) – Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto melakukan peninjauan dan menyerahkan bantuan dana siap pakai kepada warga terdampak banjir di Pondok Pesantren Darunnajah Jl. Soekarno Hatta gang Durian Kel. Kelutan Kab. Trenggalek.

    Kepala BNPB meninjau lokasi banjir di dampingi Sekdaprov Jawa Timur Adhy Karyono dan Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin.

    Seperti diketahui pada pada Selasa (18/10) lalu Kab. Trenggalek dilanda banjir bandang dengan ketinggian air mencapai 175 cm. Banjir tersebut melanda 21 desa di 5 kecamatan di Kabupaten Trenggalek.

    Kepala BNPB Letjen Suharyanto mengatakan bahwa kedatangannya ke Kabupaten Trenggalek merupakan bentuk kehadiran dan perhatian Pemerintah pusat kepada daerah yang mengalami musibah bencana banjir.

    Ia mengatakan Pemerintah pusat melalui BNPB telah memberikan bantuan dana dan logistik untuk dipergunakan dalam masa tanggap darurat yang telah ditetapkan Bupati Trenggalek.

    Jadi saya diutus Bapak Presiden Joko Widodo datang langsung ke Trenggalek dalam rangka melihat secara langsung dan yakinlah bahwa dari pusat kami akan membantu sepenuhnya, Kata Kepala BNPB RI Letjen Suharyanto.

    Ia juga mengatakan setelah tahap tanggap darurat akan ada tahap-tahap selanjutnya seperti recovery, rehabilitasi dan rekonstruksi. Pada tahapan tersebut perlu dilakukan upaya-upaya sehingga bisa menjadi bagian dari langkah antisipatif.

    Jangan sampai nanti tahun depan banjir lagi, ini yang akan kita usahakan supaya ke depan itu lebih bagus lagi, mungkin sekarang ini apa yang menjadi kekurangan, mungkin saluran airnya kurang lebar, atau waduknya perlu diperdalam, hutannya perlu ditanam seperti itu, imbuhnya.

    Sekdaprov Jatim Adhy Karyono menatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyalurkan bantuan untuk daerah-daerah yang mengalami bencana banjir. Karena Tak hanya Kabupaten Trenggalek tetapi beberapa daerah di wilayah selatan Jawa Timur juga mengalami bencana banjir.

    Sesuai arahan Ibu Gubernur, Pemprov Jatim melalui BPBD Jatim telah memberikan bantuan kepada daerah-daerah di Jawa Timur yang saat ini juga mengalami bencana banjir seperti di Trenggalek ini, Kata Sekdaprov usai mendampingi Ka. BNPB RI.

    Sekdaprov Adhy yang juga Kepala BPBD Jatim ini menjelaskan bahwa BPBD Jatim mengirimkan personil dan dukungan kepada Kabupaten Trenggalek berupa perahu karet, truk tanki air bersih, tenda pengungsi, tenda posko, perahu fiber dan genset. Ia menyebut bahwa personil BPBD Jatim akan berada disana sampai keadaan kondusif.

    Personil BPBD Jatim melakukan assessment di lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan pihak terkait, kemudian bersama BPBD Kab. Trenggalek, TRC PB BPBD Prov. Jatim juga ikut serta melakukan evakuasi warga dengan menggunakan perahu karet saat genangan air belum surut, jelasnya. (*)

    Reporter : Nanang Machalani

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan