Kamis, 28 Maret 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaKhofifah Kunjungi Pasar Soponyono Pastikan Harga Bahan Pokok Tetap Stabil

    Khofifah Kunjungi Pasar Soponyono Pastikan Harga Bahan Pokok Tetap Stabil

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa gowes pagi dari Gedung Negara Grahadi Surabaya menuju ke Pasar Soponyono Rungkut, Surabaya.

    Kunjungannya ke Pasar Soponyono Rungkut tersebut untuk memantau harga bahan pokok . Untuk itu Khofifah turun langsung untuk memastikan bahwa harga bahan pokok di pasar hari ini sudah stabil dan kembali bahkan beberapa item dijual di bawah Harga Eceran Tinggi (HET).

    “Menjaga harga tetap stabil menjadi sangat penting. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi penurunan daya beli masyarakat. Karena itu menjadi modal kita untuk bisa membangun agar pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” tutur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim, Senin.

    Baca juga :  Pengungsi Bawean Membutuhkan Tenda dan Suplay Makanan

    Lebih lanjut dalam blusukan di Pasar Soponyono, didapatkan bahwa harga bahan dan kebutuhan pokok di sana cukup stabil. Bahkan beberapa komoditas dijual di bawah HET.

    Misalnya daging ayam rata-rata HET-nya Rp 34 ribu per kg, tapi di Pasar Soponyono rata-rata Rp 32 ribu. Kemudian daging dengan kualitas paling bagus adalah Rp 115 ribu per kg.

    Mantan Menteri Sosial RI itu berharap pengelola pasar-pasar bisa membangun komunikasi dan koordinasi sebaik mungkin. Hal itu penting dalam rangka menjaga agar harga bahan pokok di pasaran stabil. Bisa terjadi harga sebuah komoditas di pasar tertentu cukup stabil tetapi di pasar lainnya berbeda jauh. Sehingga kordinasi antar pengelola pasar menjadi penting.

    Baca juga :  PT. Pegadaian Bantu 2 Unit Ambulance ke Yay. Walisongo dan Klinik Pratama Medika

    “Kita juga mengkordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Kota untuk memetakan apa yang lebih efektif dilakukan oleh Pemprov dan apa yang lebih efektif dilakukan oleh pemerintah kota dan kabupaten untuk bersama menjaga daya beli masyarakat sekaligus mengendalikan inflasi,” tandas Khofifah.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Drajat menambahkan harga-harga di pasar pada dasarnya berkisar sekitar harga eceran tertinggi (HET).

    Dia menyebut, beras premium Rp 12.500, beras medium sekitar Rp 9.500, kemudian bawang merah antara Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu, kemudian bawang putih antara Rp 24 ribu – Rp 26 ribu, cabai merah besar antara Rp 40 ribu hingga Rp 55 ribu.

    Baca juga :  PMI Jatim Buka Bersama 10 Panti Asuhan di Surabaya

    Namun harga cabai rawit masih tinggi Rp 55 ribu hingga Rp 63 ribu, lalu daging sapi antara Rp 115 ribu, daging ayam antara Rp 32 ribu hingga Rp 33 ribu. Kemudian telur ayam antara Rp 24 sampai Rp 25 ribu.

    Selanjutnya untuk minyak goreng rata-rata Rp 14 ribu bahkan minyak curah yang dijual di bawah HET senilai Rp 14 ribu.
    Sedangkan untuk gula pasir antara Rp 12.500 sampai Rp 13.500. (*)

    Reporter : Teguh Safrianto

    Editor : Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan