Jumat, 19 Juli 2024
31 C
Surabaya
More
    OlahragaWartawan Kediri Mendesak Panpel Persik Temukan Pelaku Pemukulan Suporter Arema FC

    Wartawan Kediri Mendesak Panpel Persik Temukan Pelaku Pemukulan Suporter Arema FC

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Buntut adanya aksi pemukulan terhadap suporter Arema FC pada akhir pekan lalu. Puluhan Wartawan Kediri mendesak manajemen Persik Kediri mengusut tuntas kejadian tersebut.

    Sejumlah wartawan yang mendatangi manajemen Persik Kediri tergabung dalam anggota, AJI Kediri, PWI Perwakilan Kediri dan IJTI Korda Kediri serta Pewarta Foto Indonesia (PFI). Selain, menuntut panita pelaksana (panpel) puluhan wartawan mengecam keras tindakan pemukulan kepada suporter saat pertandingan Persik Kediri vs Arema FC di Stadion Brawijaya (17/9/2022).

    Hal ini dikarenakan kasus pemukulan yang terjadi dilakukan oleh seorang pria tak dikenal identitasnya mengenakan rompi pink yang berada di pinggir lapangan. Bersama sejumlah wartawan yang juga mengenakan rompi pink saat sedang bertugas melaksanakan kegiatan peliputan pertandingan.

    Baca juga :  LaNyalla Pacu Semangat Atlet Tenis Meja Jatim untuk PON Aceh-Sumut

    Kasus pemukulan tersebut sekaligus membuat sejumlah opini masyarakat bahwa yang melakukan adalah bagian dari wartawan di Kediri, berdasarkan video amatir yang beredar luas di media sosial milik masyarakat. “Kita mendesak Panpel Persik dan media officer Persik menemukan pelaku dalam waktu 1×24 jam setelah rilis ini disampaikan,” kata Ketua AJI Kediri, Danu Sukendro, Senin (19/9/2022).

    Menurutnya ia juga meminta terduga pelaku meminta maaf ke publik dan seluruh pihak. Sebab, dalam perkara ini awak media di Kediri merasa dirugikan atas tuduhan perilaku kekerasan dari profesi jurnalis.

    Ia juga menyayangkan atas adanya rilisan resmi dari pihak menejemen Persik Kediri yang menyatakan kejadian pemukulan tersebut dilakukan oleh “oknum media”. “Kami meminta agar media officer harus menyampaikan permohonan maaf secara terbuka,” tegasnya.

    Baca juga :  Messi Bawa Argentina Pertahankan Juara Copa America

    Lanjut Danu, pihaknya juga menyampaikan 3 poin pernyataan sikap terhadap manajemen Persik Kediri. Yakni mendesak agar panpel pertandingan untuk mencari pelaku dalam waktu 1×24 jam untuk meminta maaf ke publik. ” Kami meminta Panpel agar pelaku pemukulan segera dicari dan meminta maaf, dan kami yakin menejemen sebesar Persik Kediri mampu untuk melakukanya,” ungkapnya.

    Terpisah, Media Officer Persik Kediri, Haryanto menyampaikan, permohonan maafnya atas terjadinya kesalahpahaman atas rilis yang telah dibuat hingga mencatut “oknum media” diduga telah melakukan pemukulan hingga membuat ketidak nyamanan wartawan.

    Dia juga turut mengapresiasi pernyataan sikap sejumlah organisasi profesi wartawan di Mess Persik Kediri. Selanjutnya hal ini bakal diselesaikan dalam waktu 1×24 jam, hingga Selasa (20/9/2022) besok. “Ada hal-hal yang memang harus saya gerak cepat, tapi memang ada keteledoran ada kesalahan yang memang saat itu menuntut saya harus gerak cepat tapi ternyata dalam tindakan itu ada hal-hal yang tidak seharusnya saya sampaikan,” pungkasnya.

    Baca juga :  Spanyol Cetak Rekor Juara Terbanyak di Euro

    Untuk diketahui, perwakilan wartawan Kediri kembali ke Mess Persik Kediri untuk menerima permintaan mereka dan membahas kelanjutan kasus ini. (Abi).

     

    Reporter : Moch. Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan