Jumat, 26 Juli 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaTimnas U-20 Indonesia Lolos Piala Asia U-20 2023

    Timnas U-20 Indonesia Lolos Piala Asia U-20 2023

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Timnas Indonesia U-20 mampu menundukkan Vietnam U-20 dengan skor 3-2 dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.

    Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-20 berhasil menembus putaran final Piala Asia U-20 2023 dengan status juara Grup F dan lolos langsung ke Uzbekistan, tahun depan. Dengan tambahan 3 poin membuat pasukn Shin Tae-yong kini mengumpulkan nilai 9 dari 3 kali bertanding dan menduduki posisi pertama klasemen akhir grup F. Posisi kedua diduduki Vietnam yang meraih dua kemenangan dan sekali kalah dengan 6 poin.

    Peluang Vietnam untuk lolos Uzbekistan masih ada. Namun mereka menunggu hasil pertandingan di 9 grup lain yang juga melakukan babak kualifikasi.  Dari 10 tim yang menjadi runner up di 10 grup itu, hanya akan diambil 5 tim runner up terbaik.

    Baca juga :  Etape 3 Kuras Tenaga Sejauh 175,3 KM

    Sementara itu, Timor Leste menduduki peringkat ketiga klasemen grup F setelah menang 2-1 atas Hong Kong. Itu merupakan kemenangan pertama dari tiga kali pertandingan yang dilakoninya. Sebaliknya, Hong Kong harus puas sebagai juru kunci tanpa kemenangan.

    Lima gol yang terjadi dalam pertandingan yang berjalan sengit tersebut, diawali menit ke-60. Bermula upaya menyisir sisi kiri, Frenky Missa mengirim umpan tarik kepada Marselino Ferdinan. Gelandang Persebaya Surabaya itu sukses melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang gagal dibendung.

    Vietnam pun berhasil membalas gol itu di menit ke-66. Mereka melakukan serangan balik cepat lewat Khuat Van Khang yang memberi umpan tarik ke Nguyen Thanh Nhan. Kaki mengenai Ferarri yang dianggap melakukan gol bunuh diri. Bahkan kemudian Vietnam berbalik unggul dengan mencetak gol kedua di menit ke-79. Lagi-lagi serangan balik cepat dimulai dari Nguyen Ahn Tu kepada Thanh Nhan. Bola diteruskan kepada Dinh Xuan Tien yang bergerak bebas melepas tembakan.

    Baca juga :  Pembalap Jepang Raja Etape 3, Forkopimda Sambut Tour de Banyuwangi Ijen di Garis Finish

    Keunggulan Vietnam itu tak bertahan lama. Timnas Indonesia U-20 membalasnya dan membuat skor menjadi 2-2 di menit ke-82. Kali ini Ferarri mencetak gol lewat sundulan dengan memanfaatkan umpan sepak pojok. Ini seolah menebus kesalahannya karena gol bunuh diri. Hanya tiga menit berselang, memasuki menit ke-85, pelatih Shin Tae-yong bersorak mengangkat tangan dan melompat. Penyebabnya, Timnas Indonesia U-20 berbalik unggul dan membuat skor menjadi 3-2. (sr)

    Timnas Indonesia U-20 : Aditya Arya (kiper); Dimas Juliano, Robi Darwis, Muhammad Ferarri (belakang); Kakang Rudianto, Arkhan Fikri, Zanadin Fariz, Frengky Missa (tengah); Ginanjar Wahyu, Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh (depan).

    Pelatih: Shin Tae-yong.

    Vietnam U-20 : Cao Van Bihn (kiper); Ho Van Cuong, Tran Ngoc Son, Nguyen Bao Long, Bui Vi Hao, Nguyen Duc Anh (belakang); Nguyen Duc Phu, Khuat Van Khang, Nguyen Thanh Nhan, Dinh Xuan Tien (tengah); Nguyen Quoc Viet (depan).

    Baca juga :  Waketum PB ISSI Lepas Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

    Pelatih: Dihn The Nam.

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan