Rabu, 28 September 2022
28 C
Surabaya
More
    NasionalAzwar Anas Resmi Dilantik Sebagai MenPAN RB

    Azwar Anas Resmi Dilantik Sebagai MenPAN RB

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas resmi dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9/2022). Dia dilantikan Presiden Joko Widodo untuk menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022 lalu.

    Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91P tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. “Bersediakah saudara untuk diambil sumpah menurut agama islam?,” kata Presiden Jokowi saat pelantikan. “Bersedia,” ucap Azwar Anas.

    “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan undang-undang dengan selurus-lurusnya. Demi Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara.

    Baca juga :  Langkah Strategis Pemerintah Diungkap Dalam Bedah Buku Vaksinasi Covid-19

    Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian pengambilan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi yang diikuti Azwar Anas.

    Sebagaimana diketahui, Azwar Anas merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP). Sebelumnya, Azwar Anas juga menjadi anggota MPR dan DPR.

    Azwar Anas merupakan mantan Bupati Banyuwangi periode 2010 – 2021. Ia kemudian ditunjuk untuk menjadi Kepala LKPP) sejak 13 Januari 2022. Menelisik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada laman elhkpn.kpk.go.id, Azwar tercatat memiliki total harta kekayaan senilai Rp 16.380.464.415 atau Rp 16,3 miliar.

    Baca juga :  Langkah Strategis Pemerintah Diungkap Dalam Bedah Buku Vaksinasi Covid-19

    Azwar Anas melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 31 Maret 2022, dengan jenis pelaporan khusus awal menjabat sebagai Kepala LKPP. Harta kekayaan Azwar Anas meliputi 11 bidang tanah dan disertai bangunan senilai Rp 4,8 miliar. Aset berupa properti itu tersebar di Banyuwangi, Jakarta Timur dan Bekasi. Mantan Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama periode 2000-2003 tersebut tercatat tidak memiliki utang. Dengan demikian, total harta kekayaan Azwar Anas berjumlah Rp 16,3 miliar. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan