Selasa, 18 Juni 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaGubernur Khofifah Terima Tanda Penghargaan Uang Kertas Baru Bernomor Seri Tahun Kelahiran

    Gubernur Khofifah Terima Tanda Penghargaan Uang Kertas Baru Bernomor Seri Tahun Kelahiran

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima Token of Appreciation atau tanda penghargaan Uang Kertas Tahun Emisi 2022 dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim Budi Hanoto, di Gedung Negara Grahadi, Kamis (18/8/2022). ToA berisi pecahan uang kertas Rp1.000 hingga Rp100.000 bernomor seri 0001965 tersebut, merupakan tahun kelahiran Gubernur Khofifah.

    Diketahui, Bank Indonesia (BI) aecra resmi meluncurkan Rupiah Kertas Tahun Emisi (TE) 2022 sebagai alat pembayaran yang sah per tanggal 17 Agustus 2022.

    Selain diberikan kepada Gubernur Khofifah, Token of Appreciation(ToA) juga diberikan kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, dan Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati yang hadir di Ruang Wilwatikta Gedung Negara Grahadi.

    Baca juga :  Siap Jaga Wilayah LGBT, I Gusti Bagus M Ibrahiem Nahkodai Kanim Kelas I TPI Tanjung Perak

    Menyambut uang kertas baru yang mulai beredar per hari ini, Gubernur Khofifah mengatakan, ada filosofi yang kuat kenapa ToA ini bersamaan dengan rakornas pengendalian inflasi.

    “Dengan masih adanya uang dengan nilai seribu dan dua ribu rupiah, itu artinya seluruh kepala daerah dengan berbagai stakeholder terkait harus kerja keras mengendalikan inflasi. Jangan sampai nilai yang seribu itu kemudian menjadi turun nilainya,” ujar Khofifah.

    Ia menjelaskan, sektor volatile food atau komponen jenis produk makanan tertentu yang membuat kerentanan terhadap inflasi, juga dijaga dan diperhatikan dalam satu bangunan sistem kendali yang komprehensif.

    “Saya menerima pesan ada uang dengan mata nilai uang seribu rupiah, itu berarti memang kita harus kerja keras untuk mengendalikan inflasi di semua lini. Terutama volatile food karena memang kebutuhan untuk rumah tangga itu yang memberikan pengaruh cukup signifikan,” lanjutnya.

    Baca juga :  Pemkot Surabaya Mulai Bangun Terowongan Penghubung TIJ- KBS

    Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang agar semakin panjang masa edarnya.

    Inovasi dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan. Sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI.

    Dengan adanya uang baru tahun emisi 2022,  Khofifah berharap agar bisa menjadi semangat baru bagi masyarakat. Ini sekaligus menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam menjaga keamanan uang dalam negeri.

    “Semangat baru yang harus kita bangun bersama. Kita lihat foto-fotonya adalah foto-foto para pahlawan. Semangat rek, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan itu menjadi pesan penting dari mata uang yang diterbitkan oleh BI tahun ini,” katanya. (*)

    Reporter : wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan