Minggu, 2 Oktober 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanLestarikan Budaya Komunitas Reog Gagrak Anyar Magetan Melalui Pentas Seni

    Lestarikan Budaya Komunitas Reog Gagrak Anyar Magetan Melalui Pentas Seni

    MAGETAN (Wartatransparansi.com) –  Komunitas Reog Gagrak Anyar Magetan dalam acara Sambung Rasa menggelar pentas seni di Desa Sambirobyong Kecamatan Sidorejo.

    Acara dihadiri Bupati Magetan Drs.H.Suprawoto.SH.Msi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Joko Trihono, forkopimca, dan kepala desa kecamatan Sidorejo serta Masyarakat sekitar.

    Ketua komunitas Reog Gagrak Anyar Sukarna menyampaikan jika komunitas reog gagrak Magetan telah mewakili festival reog nasional di Ponorogo beberapa waktu lalu.

    Lestarikan Budaya Komunitas Reog Gagrak Anyar Magetan Melalui Pentas Seni

    “Dengan persiapan singkat komunitas bisa hadir dan mengikuti festival,” ujar Sukarna yang juga Kepala Desa Sambirobyong ini.

    Ke depan Sukarna berharapa biar lebih baik dan di suport dari Pemkab agar persiapan baik anggaran maupun persiapan yang lain agar bisa mengangkat nama baik Kabupaten Magetan.

    Baca juga :  Dikem, Nenek Asal Tinap Berkeluh Kesah Belum Terima Bansos

    Ditempat yang sama sesepuh reog gagrak Magetan Mbah Mukayat menyampaikan dengan adanya reog gagrak Magetan kesenian asli Indonesia ini bisa lestari selamanya dan juga para pemuda bisa menjaga dan melestarikan budaya reog gagrak magetan dengan baik.

    Senada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Joko Trihono mengatakan sampai saat ini ada 110 bantuan hibah reog di Magetan yang tersebar di berbagai wilayah Kecamatan.

    “Nanti akan diadakan pementasan seni reog dari komunitas yang sudah mendapat bantuan hibah, harapanya agar seni reog bisa lestari di masyarakat magetan,” ujar Joko Trihono.

    Bantuan hibah reog sudah banyak sekitar 110 agar bisa pentas setiap kegiatan di even kan dan seni reog akan di tampilkan,karena seni khas reog gagrak magetan bisa menjadi ciri khas tersendiri dan ada bedanya dengan khas ponorogo.

    Baca juga :  Ketua DPRD Magetan Sujatno: Mengenang Sejarah Dalam Mempertahankan Ideologi Pancasila

    Dengan perkembangan jaman harus ada penyesuaian agar anak anak muda menyenangi kesenian tersebut, ciri khas reog gagrak magetan harus di tulis/di bukukan agar kelak generasi penerus bisa tahu dan bisa melestarikanya.  (rudy)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan