Senin, 26 September 2022
28 C
Surabaya
More
    OlahragaThailand Dampingi Indonesia ke Semifinal Piala AFF U16

    Thailand Dampingi Indonesia ke Semifinal Piala AFF U16

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Timnas U16 Thailand berhasil menyusul Indonesia ke semifinal Piala AFF U16 2022 setelah menang 4-1 pada laga terahir Grup B kontra Timor Leste yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Indonesia, pada Minggu (7/8/2022) sore WIB.

    Thailand memenangi laga tersebut berkat gol-gol yang dibukukan oleh Kritakan Rungrotbenjaphon (9′), Jirapol Saeilio (17′), dan Tontawan Puntamunee (50′, 63′). Adapun satu-satunya gol yang mampu dibukukan Timor Leste lahir lewat aksi Marques de Carvalho (46′).

    Berkat hasil ini, Thailand dipastikan menjadi juara Grup B Piala AFF U16 2022. Mereka mengantongi tujuh poin dari tiga pertandingan. Thailand selaku juara Grup B otomatis lolos ke semifinal Piala AFF U16 2022 dan menyusul Indonesia yang lebih dulu dipastikan melaju ke babak empat besar setelah merajai Grup A.

    Dalam proses menuju semifinal, Thailand berhasil memenangi persaingan sengit kontra Laos yang finis di peringkat kedua klasemen Grup B. Laos sejatinya mampu memetik kemenangan besar, yakni 10-0, saat melakoni laga terakhir Grup B kontra Brunei Darussalam. Namun, bagi Laos, kemenangan besar itu belum cukup untuk mengejar raihan poin Thailand selaku pemuncak klasemen Grup B.

    Baca juga :  Curacao Banyak Pemain Berbahaya, Timnas Indonesia Jangan Lengah

    Laos finis di peringkat kedua klasemen Grup B dengan koleksi lima poin dari tiga laga. Mereka tak punya peluang lolos ke semifinal Piala AFF U16 2022 karena dipastikan kalah bersaing dalam perebutan status runner-up grup terbaik.

    Kini, perlombaan untuk merebut status runner-up grup terbaik masih dipimpin oleh Vietnam yang finis di peringkat kedua klasemen Grup A dengan raihan enam poin. Selanjutnya, berdasarkan bagan yang tercantum di laman resmi ASEAN Football, Thailand selaku juara Grup B akan melawan runner-grup A atau C pada semifinal Piala AFF U16 2022.

    Sementara itu, di semifinal lainnya, Indonesia yang berstatus juara Grup A berpotensi melawan Malaysia. Laga Indonesia vs Malaysia pada semifinal Piala AFF U16 2022 akan terwujud jika skuad muda Harimau Malaya mampu finis di posisi teratas klasemen Grup C.

    Baca juga :  Level Timnas Inggris Anjlok Setelah Tampil Buruk di UEFA Nations League

    Dilansir dari laman resmi Berita Harian Malaysia, skuad muda Harimau Malaya akan menjadi juara Grup C jika berhasil memenangi laga terakhir kontra Australia, Senin (8/8/2022). Malaysia juga tetap akan menjadi juara grup jika berhasil menahan imbang Australia dan Myanmar selaku pesaing terdekat gagal memetik poin penuh pada laga lain kontra Kamboja.

    Pelatih Timnas U16 Indonesia Bima Sakti menjelaskan timnya harus tetap fokus menatap dua pertandingan sisa, semifinal dan final. Dia juga tak ingin para pemain terlalu terbawa dengan euforia kemenangan. “Saya pikir ini pembelajaran untuk pemain. Kami sebagai tim pelatih dan ofisial sudah mengedukasi mereka, memberi ilmu kepada mereka, memosisikan diri kami sebagai orang tua, kakak, atau teman bagi mereka. Bukan hanya ilmu bola saja, tapi di luar lapangan itu sangat penting agar mereka bisa belajar,” jelas Bima.

    Baca juga :  Pultra Delta Sidoarjo Dihajar Persewar 4-1

    Selain itu, Bima juga mengajarkan mengenai peraturuan yang berlaku di timnya. “Seperti penggunaan telepon seluler kami batasi. Selain itu juga menjaga disiplin mereka dengan ibadah bersama-sama. Kemudian untuk yang nonmuslim, setiap hari minggu kami memberi kesempatan ke gereja, kami siapkan kendaraan.” (sr)

     

    Daftar semifinalis Piala AFF U16 2022 hingga Minggu (7/8/2022) malam WIB

    1. Indonesia (juara Grup A)
    2. Thailand (juara Grup B)
    3. Juara Grup C*
    4. Runner-up Grup A/C*

    (*) Belum bisa dipastikan

     

    Jadwal Semifinal Piala AFF U16 2022

    Rabu (10/8/2022) 15.30 WIB – Thailand vs Runner-up Grup A/C

    20.00 WIB – Indonesia vs Juara Grup C

     

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan