Sabtu, 20 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBatuJKF Berlangsung Sukses, Momentum Tingkatkan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi

    JKF Berlangsung Sukses, Momentum Tingkatkan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi

    BATU (WartaTransparansi.com) – Jatim Kominfo Festival (JKF) yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jatim di Kota Batu yang dimulai pada Senin (25/7/2022) – Kamis (28/7/2022) resmi ditutup oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko di Hotel Orchid, Kamis (28/7/2022) malam.

    JKF di Batu yang mengangkat tema “Optimis Jatim Bangkit dengan Akselerasi Transformasi Digital. Langsung dihadiri Staf ahli Gubernur bidang pemerintah, Dr. Andrianto yang mewakili Gubernur Khofifah tidak bisa hadir di acara penutupan JKF. Serta dihadiri kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Provinsi Jatim.

    Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang diwakilkan oleh Staf ahli bidang pemerintahan, Dr. Adrianto mengatakan alhamdulillah pelaksanaan JKF di kota Batu berjalan dengan lancar, dan baik. “Saya mewakili Gubernur Khofifah mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah Kota Batu dan Kominfo Kabupaten/kota yang telah mendukung pelaksanaan JKF ini. Semoga kedepannya ada kolaborasi dan kerjasama untuk peningkatan pelayanan publik di Jatim,”kata Adrianto yang membacakan sambutan Gubernur Khofifah.

    Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya JKF ini bisa menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan pengelolaan informasi dan komunikasi, serta peningkatan pelayanan publik untuk lebih baik lagi. Dimana di masa pandemi ini digitalisasi pelayanan publik patut mendapat perhatian khusus.

    Seperti diketahui, perkembangan teknolgi dan informasi terakhir ini telah menghasilkan kebiasaan baru yang tidak lepas dari digitalisasi. Sehingga membuat pemerintah terus menciptakan inovasi – inovasi terbaru untuk percepatan penyampaian informasi dan pelayanan publik. Misalnya dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan integrasi satu data (sata) Jatim yang muaranya untuk percepatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat melalui big data yang terintegrasi.

    Maka itu langkah kedepan yang perlu ditempuh yaitu, perlu ada sinergitas bersama kabupaten/kota se Jatim untuk membentuk ruang digital yang kondusif bagi masyarakat, dan beberapa waktu lalu Pemprov Jatim telah membentuk Komite Komunikasi Digital (KKD) yang bertujuan untuk mengawasi ruang digital yang sehat bagi masyarakat. “Oleh karena itu diharapkan Kabupaten/kota di Jatim untuk juga membentuk KKD ini,”pungkasnya.

    Sementara itu Walikota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Jatim yang telah memberikan kesempatan Kota Batu menjadi tuan rumah JKF. “Alhamdulillah adanya JKF banyak tamu datang di Kota Batu dan membawa berkah bagi pelaku UMKMnya, terima kasih Gubernur Khofifah serta Dinas Kominfo Jatim, serta kominfo Kabupaten/kota, dan selamat kepada para pemenang yang telah mengikuti lomba di JKF,”pungkasnya

    Kadis Kominfo Jatim, Hudiyono mengatakan selama pelaksanaan JKF di Kota Batu ada 25 ribu pengunjung yang hadir dan ini membuat  pelaku UMKM menjadi sumringah, berkah dan ekonomi meningkat. “Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung dan mensukseskan pelaksanaan JKF mulai Senin 27 – Kamis 28 Juli 2022 di Kota Batu. Mulai Kemenkominfo RI yang sudah datang di JKF dan bertemu Walikota, Kominfo Kabupaten/kota, Komunitas Informasi Masyarakat, relawan TIK, kelompok pertunjukan Rakyat, dan rekan – rekan media yang telah membantu mempublikasikan JKF dan mudah – mudahan JKF ini nanti menjadi percontohan nasional,”katanya.

    Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tuan rumah pemerintah kota Batu, serta masyarakat yang hadir dan berpartisipasi aktif di kegiatan JKF. Dan sampai jumpa pada JKF yang akan datang.

    Seperti diketahui, JKF ini dibuka oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa pada senin (25/7/2022) ini selama empat hari ini diikuti Diskominfo kabupaten/kota ini dengan mempamerkan teknologi masing – masing, ada Bazar UMKM, serta Pertunjukan Rakyat (pertura) yang diselenggarakan di Balai Kota Among Tani.

    Begitu juga ada Forum Statistisi, Forum Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Forum Walidata, Workshop Kehumasan, Workshop Literasi Digital, Workshop Jatim Smart Innovation, Workshop Smart Communication Product, Workshop Relawan TIK, dan Sosialisasi Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Ada juga Bimbingan Teknis (Bimtek) Website Kim.id, Rapat Koordinasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!).

    Pantauan dilapangan, sebelum dilakukan penuntupan atau closing ceremony oleh Walikota Batu. Panita JKF mengumumkan Stand terbaik selama pelaksanaan, pemenang Pertura, Jatim Publik Relation Award (JPRA) yang diikuti oleh Perangkat Daerah (PD) Pemprov Jatim, dan Kominfo Kabupaten/kota,  Anugerah Pewarta Warga (APW) yang diikuti oleh Komunitas Informasi Masyarakat dan masyarakat umum dari kabupaten/kota. (*)

    Reporter : Teguh Safrianto

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan