Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaKH Zawawi Imron : Ketuhanan yang Berkeindahan Itu Mewarnai

    KH Zawawi Imron : Ketuhanan yang Berkeindahan Itu Mewarnai

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – “Sang Penyair Celurit Emas” KH Zawawi Imron menyatakan bahwa Ketuhanan yang berkeindahan ialah keesaan Tuhan itu mewarnai semua sila Pancasila.

    “Jadi Ketuhanan Yang Maha Esa itu menjadi indah karena mewarnai kemanusiaan yang adil dan beradab, mewarnai persatuan Indonesia, menyelupkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan,” katanya kepada WartaTransparansi.com, Selasa malam (26/7/2022).

    Bahkan, penyair asal Batang Batang Madura itu menyatakan bahwa Ketuhanan Yang Maha Esa itulah keindahan luar biasa, karena dengan keesaan mencelupkan dalam bentuk perwujudan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

    “Kalau keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dengan berketuhanan yang indah, tidak mampu diwujudkan sama dengan menginjak-injak Al-Qur’an menelantarkan anak yatim dan tidak memberikan makan fakir miskin,” tandasnya.

    Baca juga :  Wali Kota Eri Kukuhkan Paskibra Surabaya dengan Formasi Lengkap

    Oleh karena itu,
    Zawawi Imron, menilai, tak ada alasan untuk tidak mencintai Indonesia. Karena kita makan, minum, menghirup udara, dan akan meninggal di bumi Indonesia.

    Sebagaimana disampaikan saat menjadi narasumber pada pembekalan calon anggota Jejaring Panca Mandala (JPM) se Jawa Timur, yang diselenggarakan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), di Hotel Grand Dafam, Kayon, Surabaya.

    “Kita minum air di Indonesia. Kita makan makanan yang ditanam di bumi Indonesia. Kita menghirup udara yang ada di Indonesia. InsyaAllah kita juga akan meningggal dan dimakamkan di bumi Indonesia. Lalu, tulang-tulang kita yang tertanam di bumi Indonesia akan mengharumkan Indonesia. Karena itu tak ada alasan bagi kita untuk tidak mencintai Indonesia,” jelasnya.

    Baca juga :  Irvan: Kader Surabaya Hebat Bisa Mengusulkan Dandan Omah bagi MBR

    Penyair yang pernah mendapat. penghargaan dari Malaysia dan Thailand di bidang sastra ini menambahkan, dengan kondisi semacam itu, janganlah mengisinya dengan perbuatan maksiat, kebencian, kejahatan. “Karena di tanah Indonesialah kita bersujud, jadi tanah Indonesia adalah sajadah kita,” ujarnya

    Selain KH. Zawawi Imron, pembekalan bagi calon anggota JPM ini juga diisi Direktur Jaringan dan Pembudayaan BPIP, Irene Camelyn Sinaga, AP, MPd. mengingatkan kembali bahwa menggali Pancasila dengan mengingatkan kembali Trisakti Soekarno untuk meyakinkan masyarakat bahwa Pancasila yang digali dari nilai-nalai kebudayaan Indonesia mampu mencapai cita-cita para pendiri bangsa.

    Yaitu, katanya, pertama, mampu menggambarkan dan menulis cita-cita; kedua, membangun rasa mampu mencapai cita-cita dan; ketiga, mampu menggerakkan dalam persoalan untuk merealisasikan mimpi.

    Baca juga :  KPU Surabaya dan PWI Jatim Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Demokrasi

    “Terutama mengedepankan bahwa nilai-nilai yanh terkandung dalam Pancasila merupakan kristalisasi pengalaman hidup bangsa Indonesia yang menyejarah,” katanya. (JT)

    Reporter : Djoko Tetuko

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan