Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBojonegoroMulai Malam ini, Golkar Jatim Temui Masyarakat Lewat Gelaran Wayang Kulit

    Mulai Malam ini, Golkar Jatim Temui Masyarakat Lewat Gelaran Wayang Kulit

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Menindak lanjuti keinginan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan sejumlah dalang yang tergabung dari Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Februari lalu, DPD Golkar Jatim bersama DPD Golkar kabupaten Kota menyiapkan pegelaran wayang kulit.

    Gelaran wayang kulit diawali dari Bojonegoro bekerjasama dengan DPD Golkar kabupaten. Berikutnya dibeberapa kabupaten di wilayah mataraman secara beruntun. Pertunjukan seni rakyat itu berlangsung di Dukuh Palangan Desa Besah Kecamatan Kasiman Bojonegoro, lakon Ratu Adil, Jumat (22/7/2022) malam ini.

    Ketua DPD Golkar Jawa Timur M. Sarmuji dan beberapa pengurus harian menghadiri dan menyaksikan hingga tuntas. “Semoga gelaran malam ini bisa menghibur masyarakat setelah lama wayang kulit absen karena Pandemi Covid-19,” kata Ketua DPD Golkar Bojonegoro Hj. Mitro’atin yang juga wakil ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro.

    Pihaknya menjelaskan bahwa pagelaran wayang kulit dengan mengundang dalang nyentrik Ki Eddy Siswnto. Dalang ini dikenal dengan sabet alap alap. “Emosional pak dalang ini malah membuat penonton gemes dan enggan meninggalkan tempat. Pagelaran wayang juga bisa di saksikan di Golkar Jatim TV.

    “Mari kita lestarikan kebudayaan luhur kita yang dunia saja mengakuinya. Wayang yang memadukan berbagai unsur seni telah berkontribusi besar dalam membentuk karakter anak bangsa sehingga cenderung kepada keharmonisan dibandingkan dengan perselisihan seperti berpadunya seni lagu, seni musik, seni pahat, seni sastra dalam pagelaran wayang,” kata Ketua Golkar Jawa Timur M. Sarmuji.

    Berikut jadwal pertunjukan wayang kulit semalam suntuk Golkar Jawa Timur, putaran 1:

    1. Jumat (22/7/2022) di Bojonegoro
    2. Sabtu (23/7/2022) di Madiun
    3. Minggu (24/7/2022) di Ngawi
    4. Putaran 2 Kediri dan Nganjuk

    Reporter : Gatot Sugianto

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan