Sabtu, 20 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    PendidikanDidepan Peserta Rakernas IMAKIPSI, Wagub Emil : Era Disrupsi Mahasiswa Harus Inovatif

    Didepan Peserta Rakernas IMAKIPSI, Wagub Emil : Era Disrupsi Mahasiswa Harus Inovatif

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Mahasiswa Keguruan Ilmu Pendidikan Seluruh Indonesia (IMAKIPSI) Ke-XI di Gedung Rektorat Lt. 13 Universitas Muhammadiyah Surabaya.

    Di hapadan peserta Rakernas, Wagub Emil mengatakan era disrupsi pada bidang pendidikan menuntut seluruh mahasiswa pada keilmuan tersebut untuk melakukan ekstrapolasi dan inovasi pada beragam pola yang memungkinkan menunjang proses belajar mengajar.

    “Misalnya dengan menggunakan skill pedagogik (teaching skill) yang hanya dimiliki mahasiswa rumpun keilmuan pendidikan. Kita harus bisa melakukan inovasi terhadap pola-pola baru,” ungkap Wagub Emil.

    Lebih lanjut, inovasi-inovasi yang telah dilahirkan melalui proses ekstrapolasi juga diharapkan memunculkan keberanian yang bisa menjawab tantangan zaman.

    Baca juga :  Perdana Program Studi Administrasi Publik Umsida, Gelar Kompetisi Video Pajak

    “Sebab dunia ini makin tidak bisa ditebak. Jadi dunia ini butuh orang-orang yang berani dan lulusan yang berani menghadapi tantangan tersebut,” tegas Emil Sabtu.

    Kemudian, Emil sapaan lekatnya juga menyampaikan bahwa dalam mencari pekerjaan sebuah keberanian harus diiringi dengan beberapa karakter yang akan dicari oleh rekruter.

    Menurutnya, ada 2 hal penting dimiliki lulusan yang akan mencari pekerjaan. Tidak hanya bagi lulusan rumpun pendidikan saja, kata Emil, melainkan juga bagi seluruh para lulusan S1 yang mencari pekerjaan.

    “Dua hal penting yang patut dimiliki selain ijazah S1 sebelum mencari kerja. Etos kerja dan budi pekerti. Tolong diingat kedua hal ini,” tutur Emil.

    “Karena tidak sedikit yang bisa bekerja dalam tim, kreatifitas tinggi, juga pekerja keras tapi culas. Berani menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keinginannya,” imbuhnya

    Baca juga :  Perdana Program Studi Administrasi Publik Umsida, Gelar Kompetisi Video Pajak

    Diakhir, Emil berpesan bahwa dalam melengkapi hard skill lulusan, penting juga mengembangkan soft skill.

    “Seperti kehadiran di Rakernas kali ini. Ini sudah menunjukan adanya keinginan kalian untuk mengikuti seminar dari saya. Padahal ini diluar jam perkuliahan. Dari hal ini, rekruter bisa menilai bahwa anak ini tidak hanya sekedar berkuliah tapi juga mengisi waktu luang dengan produktif berkegiatan,” jelasnya detil.

    “Oleh karenanya saya berharap dengan Rakernas ini bisa menghasilkan sebuah pemikiran dari isu strategis bidang pendidikan dan bisa berkolaborasi bersama Pemerintah serta stakeholder lain di seluruh Indonesia termasuk Jatim,” pungkasnya (*)

    Reporter : Samuel Ruung

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan