Rabu, 24 Juli 2024
27 C
Surabaya
More
    OlahragaSurabaya Pertahankan Juara Umum Porprov 7 Kali

    Surabaya Pertahankan Juara Umum Porprov 7 Kali

    Surabaya (WartaTransparansi.com) – Kontingen Kota Surabaya mempertahankan juara umum  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim untuk ke tujuh kalinya. Itu setelah para atlet Kota Pahlawan ini mendominasi perolehan medali di Porprov VII tahun 2022 yang ditutup Minggu (3/7/2022) malam di Stadion Semeru Lumajang.

    Arek-arek Kota Pahlawan berhasil meraih total 130 medali emas, 99 perak dan 125 perunggu di pesta olahraga se-Jatim yang berlangsung di Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo dengan total nilai 843.

    Seperti diketahui, pada Porprov Jatim VI Tahun 2019 di Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban, kontingen Kota Surabaya membawa pulang 113 medali emas, 89 medali perak, dan 79 medali perunggu. Dengan demikian prestasi tahun ini lebih baik dari Porprov 2019 lalu. Bahkan, prestasi ini dipertahankan sepanjang pelaksanaan Porprov yang sudah ke tujuh kalinya tersebut.

    Baca juga :  32 Provinsi Dipastikan Ikuti Porwanas di Kalimantan Selatan

    Tambahan detik detik terakhir jelang penutupan Porprov VII, Surabaya mendapatkan 2 emas dari cabor Futsal putra dan sepatu roda di nomor marathon.

    Peringkat kedua klasemen, ditempati kontingen Kota Malang. Di peringkat dua, kota Malang meraih 70 emas, 67 perak, 72 perunggu. Total nilainya 486. Kemudian disusul peringkat tiga ditempati Kab. Sidoarjo dengan merebut 61 emas, 66 perak, 83 perunggu dengan total nilai 459.

    Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengaku bangga dengan capaian atlet-atlet Surabaya yang kembali berhasil membawa pulang gelar juara umum. “Alhamdulillah Surabaya mendapatkan emas total 130 dari tahun lalu 113. Semoga ini jadi pemicu semangat di (porprov) tahun depan agar Surabaya bisa menambah emas jauh lebih dari ini,” ungkap Eri usai menyaksikan pertandingan futsal.

    Baca juga :  Pembalap Jepang Raja Etape 3, Forkopimda Sambut Tour de Banyuwangi Ijen di Garis Finish

    Ia mengaku, telah menyiapkan apresiasi kepada seluruh atlet yang berhasil membawa pulang medali. “Peraih emas nanti kita kasih Rp 32 juta. Kalau perak dan perunggu masih kita hitung, yang pasti di bawahnya,” ungkapnya.

    Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya Hoslih Abdullah menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh atlet dan ofisial tim yang berhasil meraih prestasi luar biasa. “Alhamdulillah secara perolehan medali kali ini lebih banyak dari Porprov 2019. Sekarang kita dapat 130 emas lebih banyak dari pada sebelumnya 113 emas. Ini bukti pembinaan di Surabaya mengalami peningkatan,” ungkap Hoslih. (sr)

    Surabaya Pertahankan Juara Umum Porprov 7 Kali

     

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan