Selasa, 9 Agustus 2022
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriTiga Partai di Kediri Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu

    Tiga Partai di Kediri Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membentuk koalisi Indonesia Bersatu menuju Pilpres 2024.

    Terkait pembentukan itu, Ketua DPD Golkar Kabupaten Kediri, Sigit Sosiawan mengatakan, agenda ini merupakan tindak lanjut dari instruksi bersama DPP tiga parpol tersebut. Sedangkan koalisi ini dibangun sebagai persiapan menghadapi Pilihan Presiden (Pilpres) 2024.
    Dirinya menyambut antusias, dalam artian tiga partai yang telah menjadi satu ini bisa lebih potensial untuk mengusung dari awal, bahkan melaksanakan deklarasi untuk Calon Presiden 2024.

    “Ini menjadi perintah masing – masing ketua DPP. Seperti kami di Golkar, ada instruksi dari DPP, begitu juga dengan PAN maupun PPP,” ucap Ketua DPD Golkar Kabupaten Kediri, Sigit Sosiawan, Rabu (22/6/2022).

    Baca juga :  Pameran Keris di Kota Kediri Edukasi Masyarakat Dalam Pelestarian Budaya

    Menurutnya, dalam acara deklarasi ini dihadiri oleh ketua masing-masing parpol yakni dirinya selaku Ketua DPD Partai Golkar, Ketua DPD PAN Widyo Harsono dan Ketua DPC PPP Taufiq Chavifudin beserta sejumlah pengurus partai.

    Hal senada juga di utarakan Ketua DPC PPP Kabupaten Kediri Taufiq Chavifudin menyampaikan, koalisi KIB tidak akan tergoyah hingga penyelenggaraan Pilpres 2024 mendatang.

    Meski dalam Pilkada Kabupaten Kediri 2019 lalu, seluruh partai politik di Kabupaten Kediri telah berkoalisi untuk mengusung calon tunggal Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, tidak akan mempengaruhi pada tingkat soliditas tiga parpol KIB.

    “KIB ini rancangan untuk Pilpres. Kalau ditanyakan pengaruhnya di tataran politik kota masing-masing, tentu menjadi konteks lain. Ini memang dipersiapkan Pilpres 2024. Selain itu, pelaksanaanya pilpres kan mendahului pilkada. Jadwalnya, Pileg, kemudian Pilpres dan Pilkada,” kata Taufiq Chavifudin.

    Baca juga :  Tabrak Truk Parkir, Mahasiswa Kediri Nyungsep Lalu Meninggal 

    Sementara itu Ketua DPD PAN Kabupaten Kediri Widyo Harsono menambahkan, KIB sudah menjadi amanah dari pusat. Amanah tersebut harus dijalankan oleh masing-masing daerah, termasuk di Kabupaten Kediri.

    “Kita di Kabupaten Kediri harus mengikuti perintah DPP. Sementara itu, untuk menggalang capres dan cawapres, di PAN telah mengusulkan nama, mulai dari DPC (tingkat kecamatan) ada dua nama capres yaitu, Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) dan Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan cawapres Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur),” ungkapnya. (Abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan