Rabu, 30 November 2022
24 C
Surabaya
More
    JakartaSumber Data Penerima STB Gratis dari Desa

    Sumber Data Penerima STB Gratis dari Desa

    JAKARTA (WartaTranspransi.com) – Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar pembagian Set Top Box (STB) gratis bagi Rumah Tangga Miskin, data penerima bersumber dari desa.

    Penegasan itu disampaikan pada rapat koordinasi dalam rangka sosialisasi terkait program STB. Jumat (17/6/2022). Dengan dihadiri secara zoom Dirjen Bina Pemerintahan, Dirjen SDPPI, KISP Bangda DDN, Direktorat FPD2K Dukcapil, Pejabat di Bappeda, Diskominfo, Dukcapil, BPKAD tingkat Provinsi dan Kab/Kota se-Indonesia, Dinas PMD, dan peserta lainnya.

    Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dr Yusharto Huntoyungo M.Pd, menegaskan, migrasi dari televisi analog ke digital ini sebisa mungkin diselesaikan paling lambat 2 tahun sejak mulai berlakunya UU, yakni perubahan UU No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran Melalui UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja Pasal 60A ayat 2, sehingga tanggal 2 November 2022 menjadi tanggal batas akhir migrasi tersebut.

    Baca juga :  Ketua DPD Minta Produksi Komoditas Lokal Ditingkatkan

    Menurut Yusharto Huntoyungo, dengan dekatnya batas akhir Analog Sawtch-Off (ASO), maka dilaksanakan beberapa pertemuan, guna membahas sumber data yang digunakan untuk bantuan sosial STB, “Dan data STB adalah data yang bersumber dari desa, ini berdasarkan arahan presiden,” katanya.

    Ia menjelaskan, menindaklanjuti hasil pertemuan tanggal 14 Juni 2022 antara Kemendagri dan Kominfo, diperlukan upaya percepatan melalui dukungan Surat Menteri Dalam Negeri kepada Gubernur dan Bupati/Wali Kota, guna memfokuskan hasil mengenai Penetapan Calon Penerima Bantuan STB.

    Adapun target yang akan diberikan bantuan sebanyak 341 Kabupaten/Kota se-Indonesia.
    Menurut Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dr Yusharto Huntoyungo M.Pd,pendataan ini, diharapkan untuk perubahan ASO yang telah direncanakan mulai tanggal 14 Juni 2022 dengan melibatkan Kemendagri dengan Pemerintah Daerah dan desa. “Dan setelah difilter, ada sebanyak 48.411.440 jiwa yang akan disesuaikan menjadi data kepala keluarga (KK),” tandasnya.

    Baca juga :  Soroti Peringkat Produk Halal, Ketua DPD Singgung Soal Paradoks di Indonesia

    Menurut dia, dari jumlah penerima bantuan yang telah diverifikasi melalui beberapa langkah, yakni data yang bersumber dari Dukcapil didistribusikan ke Pemerintah Daerah. Lalu Diskominfo dan Dinas PMD.

    Sedangkan koordinasi untuk bisa verifikasi data, lanjut dia, berdasarkan informasi awal yang diterima oleh masing-masing Pemerintah daerah.

    Setelah itu data disampaikan ke Pemerintah Desa untuk diperoleh data yang terverifikasi. Data tersebut dikumpulkan, dikonsolidasi, dan ditetapkan di bawah Diskominfo untuk kemudian dijadikan keputusan Gubernur dan disampaikan ke pemerintah pusat, yakni dikirim ke Kemendagri dan Kemkominfo.

    Ia menandaskan, dalam menyukseskan sosialisasi STB ini, adapun beberapa agenda yang bisa dilakukan, di antaranya mensosialisasikan program bantuan STB. (@)
    #ASO
    #analogswitchoff
    #TVdigital
    #siarandigitalindonesia
    #ASO2022

    Reporter : Djoko Tetuko

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan