Kamis, 30 Juni 2022
28 C
Surabaya
More
    NusantaraGela "Bumi Na’e Mbojo" Dari Sulthan Bima Untuk LaNyalla

    Gela “Bumi Na’e Mbojo” Dari Sulthan Bima Untuk LaNyalla

    BIMA (WartaTransparansi.com) –LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendapatkan gelar kehormatan Bumi Na’e Mbojo saat mengunjungi Kesultanan Bima, Nusa Tenggara Barat, Selasa (7/6/2022) malam.

    Pemberian gelar Bumi Na’e Mbojo ditandai dengan pemakaian kopiah kerajaan dan kain tenun oleh Ketua Majelis Adat Kesultanan Bima Hj Fera Amalia di Museum Asi Mbojo Kesultanan Bima.

    Gelar ini merupakan salah satu jabatan di kerajaan dan kesultanan Bima yang bernaung di bawah Lembaga Syara Tua (Legislatif dan Yudikatif).

    “Bumi Na’e adalah koordinator Para Bumi dari berbagai wilayah Kerajaan dan Kesultanan Bima. Bumi beranggotakan 12 orang dipimpin oleh Bumi Luma Rasana’e dan Bumi Luma Bolo. Sedangkan Na’e artinya besar. Mbojo adalah nama daerah Bima yang senantiasa bersemi dalam tutur masyarakat Bima,” papar Hj Fera Amalia.

    Harapan masyarakat Bima, lanjut Hj Fera Amalia, Ketua DPD RI semakin besar lagi dalam berkiprah bagi rakyat. Terutama memperjuangkan keberadaan Kesultanan dan kerajaan Nusantara.

    “Sejauh ini Bapak sudah banyak berbuat bagi eksistensi kerajaan Nusantara. Pak LaNyalla adalah salah satu orang yang konsen keliling ke kerajaan yang ada di Indonesia dan memperjuangkan kelestariannya. Kami berterima kasih dan bangga,” ujar Fera.

    Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menyatakan akan memperjuangkan semua amanat para Raja dan Sultan Nusantara yang diberikan dalam Deklarasi di Kerajaan Sumedang, yang termaktub dalam 7 Titah Raja dan Sultan Nusantara.

    1
    2
    Reporter : Nuriyah Maslahah
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan