Jumat, 1 Juli 2022
26 C
Surabaya
More
    NasionalPresiden Ajak Seluruh Anak Bangsa Aktualisasikan Pancasila

    Presiden Ajak Seluruh Anak Bangsa Aktualisasikan Pancasila

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) –  Manteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) secara virtual, Rabu (1/6).

    Kegiatan ini dipusatkan di lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir secara langsung dan menjadi inspektur upacara.

    Hadir pula sejumlah pejabat dan tokoh nasional Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri, Wakil Presiden ke-6 Tri Sutrisno, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR, Lodewijk Freidrich Paulus, para menteri kabinet dan duta besar negara sahabat.

    Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa peringatan hari lahir Pancasila dipusatkan di kota Ende Nusa Tenggara Timur karena di kota ini Soekarno merumuskan Pancasila.

    “Di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno, proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara,” kata Jokowi.

    Jokowi pun mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

    “Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat, karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ujarnya.

    1
    2
    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan