Jumat, 14 Juni 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPers Berduka, Jurnalis Senior Sirikit Syah Tutup Usia

    Pers Berduka, Jurnalis Senior Sirikit Syah Tutup Usia

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Dunia pers Indonesia kembali berduka. Jurnalis senior sekaligus pendidik dalam dunia jurnalistik Sirikit Syah tutup usia di Rumah Sakit Haji, Surabaya, sekitar pukul 06.30 WIB, Selasa (26/4/2022).

    “Telah berpulang Ibu Hernani Sirikit Syah pagi ini. Rumah duka Jalan Rungkut Asri Timur VII no 8 Surabaya. Semoga amal dan ibadah beliau diterima di sisiNya. Al fatihah,” pesan di grup Alumni STIKOSA-AWS.

    Di beranda media sosial Facebook Sirikit Syah, ucapan belasungkawa juga berdatangan. Sirikit juga aktif menulis di beranda Facebook.

    Bintang Putra, anak kedua dari Sirikit Syah, mengatakan bahwa ibunya sudah sakit sejak tahun 2013, karena kanker payudara. Namun, setelah dinyatakan sembuh beliau terkena tumor di livernya.

    Baca juga :  Curanmor Makin Marak di Surabaya, Pemkot Cari Solusi

    Saat dinyatakan terkena tumor di livernya, lanjut Bintang, ibundanya belum siap kemoterapi karena tidak ingin kecapean. Namun, tumornya justru membesar.
    “Di rumah sakit kasih infus sudah stadium 4, menunggu pulih untuk di kemo, tapi nyatanya tidak sempat,” ujarnya.

    Sirikit Syah mulai dirawat di Rumah Sakit Haji, Surabaya pada Minggu, (24/4/2022). Allah berkehendak lain, sekitar pukul 06.30 WIB, Selasa (26/4/2022), Sirikit Syah menghembuskan nafas terakhir. Jenazah jurnalis senior ini dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Keputih Sukolilo, Surabaya.

    Sirikit Syah merupakan wartawan senior dari tahun 1984- 2007, lahir 1960 di Surabaya. Sirikit Syah juga merupakan penyintas kanker yang bertahun-tahun berjuang melawan penyakit kanker payudara yang dideritanya.

    Baca juga :  Monumen Tugu Pahlawan Arsip Sejarah dalam Memori Kolektif Bangsa 2024

    Ia adalah alumni Universitas Negeri Surabaya, dan saat ini menjadi salah satu akademisi atau wakil ketua Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi – Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) 2004-2006 dan pendiri Sirikit School of Writing (SSW). Beliau juga pernah menjabat sebagai ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur 2003-2007.

    Selama menjadi jurnalis, tak terhitung banyak jumlah tulisan yang dihasilkan Sirikit Syah. Di antara tulisannya yang sempat kami baca, tentang “Kembali ke Pers Bawah Tanah” yang ditulis pada Februari 2022. Ada juga tulisan tentang “Jurnalisme Rilis dan Corong Penguasa”, atau tulisan tentang “Media Massa Ramah kepada Anies Baswedan, Kembalinya Objektivitas Berita”. **

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan