Sabtu, 28 Mei 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSidoarjoKepala Bakesbangpol Jatim Heru Wahono: Agen Perubahan Adalah Anak Muda

    Kepala Bakesbangpol Jatim Heru Wahono: Agen Perubahan Adalah Anak Muda

    SIDOARJO (WartaTransparansi.com) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Prov Jatim menggelar kegiatan penanaman nilai-nilai Pancasila dan wawasan bangsa bagi generasi Muda.

    Kegiatan ini bertema Agent of Change Jalan Innovasi (Jalin)–Pasang Badan(Pancasila, Wawasan Kebangsaan Generasi Millenial), di Fave Hotel Sidoarjo, Kamis (10-11/3 2022).

    Kepala Bakesbangpol Prov Jatim, R. Heru Wahono Santoso, S.Sos.,MM, mengatakan, sebagai agent of change (agen perubahan), kaum muda tidak dapat lagi berpikir linear (satu arah), melainkan mesti berpikir sirkular (dari segala arah). Dengan melakukan hal tersebut, kaum muda dapat menjadi agen perubahan yang sesungguhnya.

    Dikatakannya, usia muda adalah usia produktif. Pada usia tersebut, kaum muda dapat memainkan peran penting dalam kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada era ini, di mana dunia terikat dengan perkembangan teknologi digital.

    “Generasi muda diharapkan dapat berada di garis depan untuk melakukan perubahan, inovasi, pembangunan dan perdamaian kaum muda, yang saat ini diwakili oleh generasi milenial dan generasi Z,” katanya.

    Lebih lanjut dikatakannya, generasi tersebut merupakan kelompok masyarakat yang paling dekat dengan teknologi digital, sehingga mereka memiliki kreativitas yang lebih tinggi, rasa percaya diri yang lebih besar, akses informasi yang lebih mudah, pandangan yang lebih inklusif, serta memiliki jaringan yang lebih luas.

    Keunggulan- tersebut dapat “menyulap” generasi muda menjadi para pembelajar yang mandiri, pengusaha-pengusaha yang sukses, relawan-relawan yang berkesadaran, serta pemimpin yang lebih independen.

    Namun demikian, digitalisasi juga memunculkan sejumlah tantangan untuk melakukan perubahan bagi bangsa, hal tersebut agar disikapi secara bijak. Sejumlah tantangan tentu saja bukan tanpa solusi, namun harus bersedia secara sadar untuk menciptakan solusi-solusi itu agar mampu mengubah tantangan menjadi potensi dan kesempatan,” ujarnya.

    Kepala Bidang Integrasi Bangsa Bakesbangpol Prov Jatim, Johan Fitriadi S. STP MSi, mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memperkuat wawasan kebangsaan  bagi generasi milenial,  dan meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa pada generasi milenial untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

    Kegiatan ini diikuti oleh 90 peserta dari unsur generasi milenial di Jatim. Materi yang disampaikan, antara lain : Jalin (jalan inovasi) menanamkan nilai nilai pancasila dalam membangun karakter generasi milenial di era pandemi  disampaikan oleh Dr. Agus Widiyarta, S.SOS, M.SI (dosen fisip UPN Veteran Surabaya).

    Juga Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dari sudut pandang politik di masa pandemi dan menuju PEMILU 2024 disampaikan oleh Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur (Bp. Yordan M. Batara GOA, S.T, M.Si. (ais)

    Reporter : Amin Istighfarin
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan