Selasa, 23 Juli 2024
23 C
Surabaya
More
    OlahragaIndonesia masih Optimistis Bisa Taklukkan Thailand

    Indonesia masih Optimistis Bisa Taklukkan Thailand

    KALLANG (WartaTransparansi.com) – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong tetap optimistis Evan Dimas dan kawan-kawan masih punya peluang juara, kendati pada leg pertama final digunduli Thailand 4-0. Menurut pelatih asal Korea itu, segala kemungkinan masih ada di leg kedua final yang berlangsung di Stadion National Singapura, Sabtu (1/1/2022).

    Kekalahan di leg pertama, bagi Shin Tae-yong bisa jadi berbalik arah. Karena menurutnya segala kemungkinan dapat terjadi dalam dunia sepak bola. “Memang kalau melihat pertandingan sebelumnya terlihat tidak mungkin (menang), tetapi bola itu bundar. Jika kita bekerja keras hingga akhir, kita akan mendapatkan hasil yang baik,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers daring.

    Baca juga :  Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri Remehkan Kamboja

    Untuk bisa mewujudkan kans menang, pelatih Korea Selatan ini sudah memiliki cara. Ia akan berusaha menjaga semangat dan memulihkan kondisi fisik para pemain timnas saat menghadapi Thailand di leg kedua nanti. “Ke depannya yang penting adalah memulihkan fisik pemain. Kami tidak akan terlalu memikirkan skor pertandingan leg pertama ini. Jadi fokusnya adalah pada kesemangatan para pemain agar mereka bisa memberikan penampilan terbaik seperti saat fase grup,” jelasnya.

    Seperti diketahui, timnas diharuskan menang dengan skor besar agar bisa keluar sebagai juara. Minimal, Evan Dimas dkk harus mencetak empat bola agar Sedangkan pelatih Thailand, Alexandre Polking, menegaskan timnya tak akan tampil bertahan saat menghadapi Timnas Indonesia pada leg kedua. Sebaliknya, tim asuhannya akan bermain agresif seperti pertandingan sebelumnya.

    Baca juga :  LaNyalla Pacu Semangat Atlet Tenis Meja Jatim untuk PON Aceh-Sumut

    Alexandre Polking menyebut, kemenangan empat gol tanpa balas itu membuat posisi Thailand lebih menguntungkan. Namun, pelatih berdarah Jerman-Brasil itu meminta timnya untuk tetap tampil menyerang pada leg kedua nanti. “Dalam pertandingan final ini yakni pada leg pertama, kami memainkan penampilan terbaik. Itu memberi kami keuntungan besar pada situasi saat ini,” kata Alexandre Polking.

    “Jadi, kami tidak perlu bermain bertahan. Kami ingin mengakhiri turnamen dengan cara yang seharusnya. Kami akan mengawali pertandingan secara ofensif dan menguasai bola,” tegas pelatih 45 tahun itu. Diakuinya, Indonesia tentu bakal memberikan perlawanan yang ketat dalam pertandingan penentuan nanti.

    Menurut Alexandre Polking, situasi yang dihadapi Thailand saat ini berbeda dengan ketika menghadapi Vietnam pada semifinal Piala AFF 2020. Ketika menghadapi Vietnam, Thailand masih unggul 2-0 dan rawan bila bermain terbuka, sedangkan saat ini mereka unggul 4-0 atas Timnas Indonesia. “Pada pertandingan semifinal melawan Vietnam, kami sudah memimpin 2-0 pada leg pertama dan harus menghadapi lebih banyak serangan melalui bola-bola panjang. Situasi saat itu yang memungkinkan bagi kami harus bertahan dengan baik,” ucap Polking. (sr)

    Baca juga :  32 Provinsi Dipastikan Ikuti Porwanas di Kalimantan Selatan

     

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan