Senin, 26 September 2022
25 C
Surabaya
More
    OlahragaMenpora Minta Pencak Silat Konsisten Sumbang Prestasi

    Menpora Minta Pencak Silat Konsisten Sumbang Prestasi

    JAKARTA (WartaTransparasi.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) melalui atlet-atlet andalannya bisa terus menyumbangkan prestasi untuk negeri.

    “Kita butuh konsistensi prestasi karena prestasi itu akan lahir dari kepemimpinan yang kuat, kepemimpinan yang konsisten. IPSI penting untuk selalu konsisten dalam berprestasi,” kata Menpora, dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (17/12/2021).

    Hal tersebut disampaikan Menpora dalam Musyawarah Nasional (Munas) XV PB IPSI dengan tema “Indonesia Maju, Pencak Silat Menuju Olimpiade”, di Hotel Aston, Sentul, Bogor, 15-18 Desember.

    Zainudin pun mengapresiasi deretan prestasi yang ditorehkan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto sebagai ketua umum. “Kita masih butuh sosok pemimpin seperti Bapak Prabowo Subianto. Pemerintah mengapresiasi prestasi-prestasi yang sudah ditorehkan oleh kepengurusan sekarang oleh pimpinan Bapak Prabowo Subianto,” kata Menpora.

    Baca juga :  Jelang Lawan PSCS, Pelatih Gresik United Khusairi Mundur

    Senada, Ketua Umum KONI Marciano Norman menilai pembinaan olahraga PB IPSI di bawah pimpinan Prabowo Subianto sejauh ini berjalan dengan baik. “Terbukti pada Asian Games 2018 yang lalu, pencak silat keluar sebagai juara umum yang berkontribusi banyak kepada kontingen Indonesia. Selain itu, beberapa atlet pencak silat juga meraih juara dunia pada sejumlah kejuaraan,” kata Marciano.

    Ke depan, Marciano berharap pencak silat dapat menjadi olahraga bela diri kebanggaan Indonesia yang juga dipertandingkan pada Olimpiade. Marciano juga berharap melalui Munas PB IPSI dapat menghasilkan kepengurusan yang mampu meningkatkan prestasi pencak silat Indonesia.

    Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) Prabowo Subianto yang kembali terpilih di Munas XV IPSI menegaskan keinginannya untuk membawa pencak silat menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. “Kita ingin membawa pencak silat ke Olimpiade, untuk itu kita sangat butuh dukungan dari seluruh pihak. Sedikit demi sedikit pencak silat dilirik, digandrungi, dipelajari bangsa lain,” katanya, dalam pernyataan tertulis dikutip dari antaranews.com.

    Baca juga :  FIFA Minta Rumput Gelora Bung Tomo Standar Sepakbola

    Dalam sambutannya, Prabowo mengakui IPSI ke depan masih memiliki pekerjaan berat, namun tetap yakin dengan semangat pencak silat akan mengangkat harga diri bangsa. “Kalau benar kita mau mengangkat pencak silat ke tingkat dunia, kita harus kerja keras dan harus berbuat lebih. Kalau kita mau kuat di dunia, kita harus belajar dari siapapun,” katanya.

    Prabowo yang juga Menteri Pertahanan menegaskan bahwa Presiden RI Joko Widodo memiliki perhatian yang besar terhadap pencak silat. “Dan terutama kami sampaikan juga terima kasih kepada pemerintah Republik Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo atas perhatian yang besar kepada dunia pencak silat,” katanya. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan