Sabtu, 22 Januari 2022
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPemkab Tanah Laut Belajar Satu Data Pemkot Surabaya

    Pemkab Tanah Laut Belajar Satu Data Pemkot Surabaya

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut, Kalimantan Selatan,  berkunjung ke Pemkot Surabaya untuk belajar penerapan PPID dan Satu Data. Rombongan diterima di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya, Kamis (9/12/2021).

    Dahnial Kifli, Sekretaris Daerah Tanah Laut menjelaskan, maksud kunjungan ini selain silaturahmi juga menambah wawasan penerapan PPID dan Satu Data untuk kemudian diterapkan di Tanah Laut.

    Ira Narulita, Sekretaris Dinkominfo Surabaya menyambut baik kunjungan tersebut serta menjelaskan secara singkat profil Kota Surabaya, yang fokus pada bidang perdagangan dan jasa yang mengakomodasi sekitar 5 juta jiwa pendatang dan penduduk Surabaya.

    Ira menjelaskan bahwa Pemkot Surabaya terbuka bagi siapa saja yang ingin mengadopsi sistem yang telah diterapkan oleh Pemkot Surabaya.

    Baca juga :  Pendaftaran Direksi PD Pasar Diperpanjang, Ini Syaratnya

    Sedangkan Novi Setyowati, Kasie Pengelolaan Informasi Publik Dinkominfo Surabaya menjelaskan, untuk proses pengaduan di Surabaya telah menggunakan sistem terintegrasi yakni Media Center dan aplikasi Wargaku dengan SOP respon 1×24 jam

    Terkait dengan PPID, Pemkot Surabaya menerapkan konsep satu pintu dalam alur pengajuan informasi yakni melalui Dinkominfo sebagai PPID utama dibantu oleh PPID pembantu di tiap OPD.

    Untuk penerapan Satu Data, dijelaskan pula proses penerapan Penyelenggara Satu Data Indonesia Tingkat Kota Surabaya dimana konten disesuaikan dengan prinsip satu data yakni standar data, metadata, interoperabilitas dan kode referensi dan data induk.

    Komponen utama satu data Surabaya terbagi menjadi 3 yakni open data Surabaya, executive information system dan satu peta Surabaya. **

    Reporter :
    Penulis : wetly
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan