Kamis, 2 Desember 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiDitinjau Gubernur, Vaksinasi Banyuwangi Dosis Pertama 64.98%, Dosis Kedua Capai 38.26% 

    Ditinjau Gubernur, Vaksinasi Banyuwangi Dosis Pertama 64.98%, Dosis Kedua Capai 38.26% 

    BANYUWANGI (WartaTrasparansi.com) –  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi vaksinasi yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UNAIR) di Balai Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi, Jumat (29/10). 

    Vaksinasi ini menyasar 1.000 penduduk pesisir dan nelayan yang berada di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi menggunakan vaksin Astrazeneca dosis pertama. Skala prioritas vaksinasi ini adalah penduduk dengan usia rentan dan lansia. Vaksinasi ini dilakukan di 5 titik lokasi.

    “Hari ini, Jumat berkah, alhamdulillah bisa terselenggara vaksinasi di Desa Kedungrejo ini. Semoga panjenengan sedoyo (semua) sehat selalu, berkah umur, berkah rezeki kita, berkah ilmu kita, berkah Banyuwangi, berkah Jawa Timur dan berkah Indonesia,” kata Gubernur Khofifah saat melakukan peninjauan vaksinasi.

    Sesampainya di Balai Desa Kedungrejo, Gubernur Khofifah langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi sembari menyapa para peserta vaksin, serta memberikan semangat bagi para dokter, tenaga kesehatan dan tenaga administrator yang sedang bertugas membantu kelancaran vaksinasi.

    “Para tenaga kesehatan, vaksinator, para dokter semuanya terima kasih,” ucap Gubernur Khofifah.

    Sesaat kemudian orang nomor satu di Jatim ini mengajak semua yang hadir dan terlibat pada vaksinasi ini untuk berdiri dan bersama-sama menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Sebab menurut Khofifah, vaksinasi yang dilakukan saat ini adalah bagian dari bakti untuk negeri. Sehingga diharapkan agar semangat tersebut terus ada dan menjadi support tersendiri bagi semua baik tenaga kesehatan, vaksinator, administrator dan masyarakat pada umumnya.

    Pada kesempatan yang sama, Mantan Mensos RI itu juga memberikan bantuan sejumlah paket sembako kepada masyarakat sekitar. Hal tersebut merupakan bentuk sapaan dan perhatian Gubernur Khofifah kepada masyarakat kecil di Kabupaten Banyuwangi.

    Khofifah menjelaskan,  berdasarkan data dari dasboard satu data Covid-19 KCPEN per 28 Oktober 2021, Capaian Vaksinasi di Jawa Timur untuk umum dosis 1 mencapai 60.67%, dosis kedua 34.41%, vaksin dosis 3 mencapai 93.10%. Untuk capaian vaksinasi bagi lansia dosis satu 36.78% dosis kedua 19.42%.

    Capaian vaksinasi Kabupaten Banyuwangi untuk vaksin dosis pertama 64.98%. sementara untuk vaksin kedua masih mencapai 38.26%. Vaksin ketiga mencapai 82.42%. Capaian vaksin lansia dosis pertama sebanyak 47.15% dan dosis kedua sebanyak 27.10%.

    Berdasarkan situasi COVID-19 Kemenkes RI per 26 Oktober 2021 menunjukkan bahwa asesmen level Covid-19 di Jatim terdapat 5 Kabupaten Kota berada di level 1. Yaitu Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Blitar dan Kota Madiun. 

    Ada 12 Kabupaten Kota berada di level 2. Diantaranya Kab. Sidoarjo, Kab. Lamongan, Kota Malang, Kota Batu, Kab. Jombang, Kab. Banyuwangi, Kab. Mojokerto, Kab. Madiun, Kab. Kediri, Kab. Gresik, Kota Kediri, dan Kab. Malang.

    Sedangkan 21 Kabupaten Kota sisanya berada pada level 3. Yaitu Kabupaten Tulungagung, Kab. Tuban, Kab. Trenggalek, Kab. Sumenep, Kab. Situbondo, Kab. Sampang, Kab. Probolinggo, Kab. Ponorogo, Kab. Pasuruan, Kab. Pamekasan, Kab. Pacitan, Kab. Ngawi, Kab. Nganjuk, Kab. Magetan, Kab. Lumajang, Kota Probolinggo, Kab. Jember, Kab. Bondowoso, Kab. Bojonegoro, Kab. Blitar, dan Kab. Bangkalan. (YIN/MIN)

    Reporter : Nur Muzayyin
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan