Selasa, 26 Oktober 2021
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurLumajangUDD Lumajang Punya Kartu Donor Multi Fungsi

    UDD Lumajang Punya Kartu Donor Multi Fungsi

    LUMAJANG (WartaTransparansi.com) – Unit Donor Darah (UDD) Kabupaten Lumajang menyiapkan kartu donor multiguna. Kartu ini bisa dibawa kemana mana, bahkan bisa dipakai belanja di supermaker, mall maupun berfungsi e-tol.

    Pemegang kartu donor jika ingin berdonor cukup menempelkan kartunya di top screen UDD, lalu akan akan keluar semua data termasuk apakah sudah waktunya berdonor apa belum. Jika belum, dilayar monitor akan muncul perintah belum waktunya berdonor.

    Inovasi tersebut sudah mulai dikenalkan kepada masyarakat dua tahun lalu dengan menggandeng sebuah bank. “Semula kerjasamanya dengan BRI, tapi kontraknya sudah habis dan kami menggaet bank lain,” ungkap Kepala UDD Lumajang dr. Halimi Maksum,MMRS.

    Masyarakat Lumajang sudah akrap dengan kartu donor yang secara fisik seperti kartu ATM atau lainya. Pemegang kartu donor multifungsi juga sudah banyak, lanjut dr. Halimi didampingi Ketua PMI Lumajang Budi Santoso, Selasa (5/10/2021).

    Hari itu, PMI Lumajang mendapat kunjung staf Biro Kesra Pemprov Jawa Timur, masing masing Nanik Nur Alfiyah, Kasubag Kesehatan dan Ratna Dewi Staf pada biro yang sama. Tujuannya, mengecek apakah surat edaran Sekdaprov Jatim tentang Plasma Konvalesen sudah diterima dan benar benar dilaksanakan apa tidak.

    Juga ingin melihat dari dekat pelayanan Plasma Konvalesen dan pelayanan donor darah.

    UDD Lumajang selama Pandemi Covid-19 dianggap berkontribusi dalam menekan meluasnya Covid-19. Penyediaan Plasma Konvalesen tidak saja untuk masyarakat Lumajang, namun juga untuk pasien positif dari Jawa Timur dan melayani permintaan misalnya Jakarta, Semarang maupun luar provinsi.

    dr. Halimi Maksum menuturkan, hingga saat ini untuk plasma konvalesen tercatat donasi 630, total produksi 2317, total permintaan terlayani 2317 dan pasien terlayani 1767 untuk plasma konvalesen katagori darah A,B,O dan AB.

    Pasca menurunnya Covid-19, UDD Lumajang masih memproduksi Plasma Konvelesen, hanya kapasitas produksi dikurangi sesuai permintaan masyarakat. Stocknya masih ada dan siap distribusi jika ada yang memerlukan, jumlahnya ada 78 kantong.

    UDD Lumajang masuk dalam katagori madya dan sudah ISO 9001. Semua teknologi dikerjakan oleh tenaga peofesional dan bersertifikat.

    Saat itu dr. Halimi juga mengajak tamunya untuk melihat dari dekat mesin mesin produksi darah dan plasma konvalesen mulai kedatangan darah hingga penyimpananan.

    Semua mesin yang dimiliki adalah usaha mandiri dengan system kerjasama operasional (KSO) yang tidak mengikat. Artinya dioperasikan sesuai kemampuan UDD.

    UDD Lumajang Punya Kartu Donor Multi Fungsi
    Kepala UDD Lumajang dr. Helmi Maksum

    Sementara itu Ketua PMI Lumajang Budi Santoso menyatakan, pihaknya terus mendorong agar UDD Lumajang berinovasi, bekerja keras melakukan layanan kepada masyarakat.

    Alhamdulillah pada Pandemi Covid-19, dengan segala keterbatasan PMI dan UDD, masih mampu memberikan layanan prima. “Menejemen UDD saya serahkan ke Kepala UDD untuk menghindari banyaknya meja. Tapi PMI terus mengawasi dan meminta laporan. (min)

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan