Rabu, 27 Oktober 2021
30 C
Surabaya
More
    OlahragaLifter Andalan Jatim Eko Yuli tak Terbendung

    Lifter Andalan Jatim Eko Yuli tak Terbendung

    JAYAPURA (WartaTransparansi.com) – Lifter andalan Jawa Timur Eko Yuli Irawan benar-benar tak terbendung dalam ajang PON XX Papua cabang olahraga angkat besi.

    Turun di kelas 67 kilogram putra, dia berhasil meraih medali emas dalam lomba yang digelar di Auditorium Universitas Cendrawasih, Kabupaten Jayapura, Rabu (6/10/2021).

    Peraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 itu berhasil meraih total angkatan 313 kilogram. Pada angkatan snatch, Eko berhasil meraih angkatan tertinggi 143 kilogram dan saat angkatan clean and jerk catatannya 170 kilogram.

    Di kelas 67 kg ini, Eko bertarung lawan
    dua lifter senior Indonesia, yakni Triyatno dan Deni, membuntuti Eko di peringkat dua dan tiga. Walhasil, Triyatno dipastikan menyumbangkan perak untuk Kalimantan Timur dan Deni harus puas mempersembahkan perunggu untuk Bengkulu.

    Baca juga :  Timnas U-23 Ditumbangkan Australia 2-3

    Hasil ini terbilang mengejutkan, karena sebelumnya Eko mengaku akan tampil pada nomor 61 kilogram. Namun, walau tampil bukan di nomor idealnya, Eko tetap bisa tampil memukau. Walau berusia 32 tahun, dia menunjukkan masih cukup kompetitif untuk bertanding di ajang multievent manapun.

    Eko juga terbilang melakukan persiapan yang singkat di PON XX Papua. Dia baru bergabung bersama tim Amgkat besi Jatim dalam training camp yang digelar di Malang pada 15 September 2021 usai berlaga di Olimpiade Tokyo.

    Maklum, sebelumnya dia harus berjuang membela Indonesia di ajang Olimpiade 2020 Tokyo. Dia berhasil meraih medali perak usai kalah bersaing dari musuh bebuyutannya asal Tiongkok, Li Fabin.
    Eko meraih total angkatan sebesar 302 kilogram. Eko Yuli mampu meraih angkatan snatch 137 dan angkatan clean and jerk 165. Walhasil, total angkatannya tertinggal 11 kilo dari Li Fabin.

    Baca juga :  Lapangan Latihan dan Gizi Pemain Harus Diprioritaskan

    Sementara, Li Fabin berhasil meraih total angkatan 113. Setelah berhasil membuat angkatan snatch 141 kilogram, lifter ini mampu memecahkan rekor Olimpiade di angkatan clean and jerk dengan angkatan172 kilogram.

    Terlepas dari itu, Eko Yuli Irawan, masih berpotensi tampil membela Indonesia di ajang SEA Games 2021 sampai Asian Games 2022. Apalagi, dia membuktikan masih bisa berprestasi di angkat besi dalam ajang PON XX 2021.

    Selain Eko Yuli, Jatim juga mendapatkan medali perunggu atas nama Joni Susanto yang turun di kelas 61 kg. **

    Reporter :
    Penulis :
    Editor : Wetly
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan