Rabu, 20 Oktober 2021
27 C
Surabaya
More
    OlahragaTim Balap Motor Jatim Bidik 3 Emas

    Tim Balap Motor Jatim Bidik 3 Emas

    MERAUKE (WartaTransparansi.com) – Tim balap motor (road race dan motor cross)  Jawa Timur bidik tiga medali emas di PON XX Papua 2021. Target itu bukan kaleng-kaleng, karena para pembalap sudah latihan dalam dua tahun terakhir menggunakan motor standard.

    “Alhamdulillah, anak-anak sudah datang dan siap semua. Apapun yang terjadi tinggal Gusti Allah yang menentukan,” kata pelatih balap motor Jatim, Bambang Haribowo akrab disapa Bambang Kapten sesaat setelah tiba di Bandara Mopah Merauke, Jumat (1/10/2021) petang.

    Selain balap motor, cabang olahraga catur dan anggar juga sudah tiba di Merauke. Sementara cabor gulat 5 Oktober dan atlet motor cross 3 Oktober

    “Untuk motor cross tanggal 3 nanti grupnya Daniel datang. Tanggal 6 baru datang Jhoni Pranata yang bisa beri keterangan untuk motor cross. Kalau untuk balap motor saya latih sendiri, Jodi, Daniel, dan Yusuf,” tukasnya.

    Baca juga :  Menpora Yakin Tim Akselerasi dan Investigasi Akan Bergerak Cepat

    Menurut Bambang Kapten, para atlet latihan setiap hari dan berlangsung sangat ketat.

    “Karena saya target soal catatan waktunya dari 51 detik menjadi 50 detik. Sampai kemarin tembus 49 detik. Jadi alhamdulillah. Progresnya bagus,” ujarnya.

    Dijelaskan, jenis motor yang dipakai di pon sama semua untuk peserta. Yakni, motor dengan kekuatan 150 cc. Karena motornya sama, maka selanjutnya tinggal berbicara masalah skill.

    “Jenis motor sama, tinggal bicara skillnya pembalap. Kita sudah berlatih dua tahun, paling tidak sudah mengenal bagaimana menguasai motor standard tersebut. Gak mudah memang. Dari soal tune up, apalagi drji 600 cc, dari 250 cc ke 150 cc. Jadi ini adu skill karena semua motor sama, standard 150 cc,” jelasnya.

    Baca juga :  KONI Jatim komitmen lakukan persiapan lebih matang hadapi PON XXI

    Menjawab target, Bambang mengatakan, sesuai hasil yang diperoleh saat Pra PON, yakni tiga medali emas.

    “Target kita seperti saat di Pra PON kemarin. Balap motor 1 emas, motor cross 2 emas. Sebisa mungkin kita pertahankan. Insya Allah bisa, karena (anak-anak) sudah full, sangat siap,” katanya optimistis.

    Adapun pembalap yang akan diturunkan di road race: Gery Salim, Tomy Salim, Roby Sakerah,Adenanta Putra,. Candra dengan target 1 medali emas.

    Sedangkan motor cross dengan terget 2 emas diperkuat: Rafi Ade, Zulmy, Ananda Rigi, Dava, Zidan, Koko, Marcelino Rigi, Rafi Tangka.

    “Sebenarnya kita dapat 3 kelas, satu kelas hilang. Yakni kelas beregu junior, karena kemarin di Pra PON ditabrak oleh DKI jadi gak berhasil masuk karena memang (DKI) nakal. Tinggal balas di sini. Pembalasan lebih kejam,” imbuhya sembari tertawa.

    Baca juga :  Menpora Yakin Tim Akselerasi dan Investigasi Akan Bergerak Cepat

    Sementara soal Venue, Bambang mengatakan akan melihatnya besok (Sabtu).

    “Paling tidak, medannya mirip dengan Semarang. Jadi, apa yang kita dapat di Semarang mebjadi senjata di Merauke. Anak-anak sendiri cukup sehari istirahat, mereka itu pembalap internasional semua. Karena itu besok kita langsung lihat venuenya,” ujarnya.

    Sedangkan kompetitor, Bambang menyebut DKI dan Papua Baratyang ada pembalap Jawa Timur Veros. Sesai jadwal, Road Race berlaga pada 6 Oktober dan Motor Cross 9 Oktober di arena balap motor Tanah Miring, Merauke. **

    Reporter :
    Penulis : Wetly
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan