Rabu, 22 September 2021
33 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaLagi, Pemprov Jatim Luncurkan Pemutihan Sampai 9 Desember 2021

    Lagi, Pemprov Jatim Luncurkan Pemutihan Sampai 9 Desember 2021

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Pemprov Jawa Timur kembali menerapkan program pemutihan, dan pembebasan denda pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB). Program tersebut juga diikuti dengan diskon pajak bagi kendaraan roda dua dan roda empat. Kebijakan tersebut mulai berlaku besok (9/9/2021) hingga 9 Desember mendatang.

    Kebijakan ini berlaku dalam ikut serta memperingati hari jadi Jawa Timur. Selain itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ingin memberi keringanan kepada masyarakat. ‘’Harapannya, program ini menjadi stimulan bagi wajib pajak di masa Pandemi Covid-19,’’ kata Gubernur Khofifah, Rabu (8/9/2021).

    Dia merinci, program pemutihan itu berlaku untuk bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), pembebasan denda untuk PKB, Serta pembebasan denda pembayaran BBNKB. Diskon pajak berlaku 20 persen untuk roda dua dan tiga, lalu 10 persen untuk roda empat dan selebihnya. ‘’Khusus diskon hanya berlaku pada pajak tahun terakhir,’’ jelas dia.

    Baca juga :  Ketua PMI Jatim H. Imam Utomo S, Permintaan Plasma Konvalesen Nol Persen

    Kendaraan yang pajaknya mati tiga tahun, maka diskon hanya berlaku untuk tahun terakhir. Dua tahun sebelumnya, dikenakan tarip pajak yang sama. Hanya, wajib pajak tidak dikenakan denda.

    BBNKB, tidak berlaku untuk kendaraan bermotor baru, kendaraan mutasi dari luar provinsi Jawa Timur, dan kendaraan milik pemerintah. Kebijakan itu Abimanyu berharap wajib pajak segera memanfaatkan layanan tersebut. Dia melihat pengalaman dari tahun ke tahun.

    ‘’Masyarakat baru membayar jelang selesainya program, dampaknya terjadi kerumunan,’’ ungkap dia.

    Pemerintah provinsi memiliki hitungan tersendiri dalam menerapkan kebijalan tersebut. Perkiraan insentif atau deda pajak yang dibebaskan bisa mencapai Rp 238.642.574.646. Lalu pajak yang terserap diperkirakan bisa mencapai Rp 1.813.976.858.183.

    Baca juga :  Ketua PMI Jatim H. Imam Utomo S, Permintaan Plasma Konvalesen Nol Persen

    Abimanyu juga menyampaikan pencapaian penyerapan pendapatan dari sektor pajak hingga Sekarang. Yakni Rp 9.655.022.195.322 atau setara dengan 73,16 persen dari target pendapatan dari sektor pajak. Total target pendapatan dari sektor pajak pada 2021 mencapai Rp 13.197.429.290.118. ‘’Kami berharap, program ini bisa menggenjot penyerapan pajak sehingga target terpenuhi,’’ ujarnya.

    Program pemutihan, pembebasan denda, dan diskon merupakan kali kedua pada tahun 2021 ini.(guh/min)

    Reporter : Teguh Safrianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan