Selasa, 26 Oktober 2021
29 C
Surabaya
More
    OpiniTajukHidup bersama Covid-19 sebuah Pilihan Masa Kini
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    Hidup bersama Covid-19 sebuah Pilihan Masa Kini

     

    Kabar perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 7-13 September 2021, ialah pilihan terbaik menyelamatkan kehidupan berbangsa, bernegara, beragama, dan bermasyarakat.

    Bahkan, tidak berlebihan jika memperkirakan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) menjadi epidemi atau endemi.

    Pengertian Epidemi
    terjadi ketika suatu penyakit telah menyebar dengan cepat ke wilayah atau negara tertentu dan mulai memengaruhi populasi penduduk di wilayah atau negara tersebut.

    Pengertian endemi bahwa Covid-19 sudah menjadi karakteristik di wilayah Indonesia seperti malaria di Papua. Contoh penyakit lainnya di Indonesia yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini akan selalu ada di daerah tersebut, namun dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah.

    Presiden Joko Widodo kembali melalui Koordinator PPKM Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers, Senin (6/9/2021) malam, menyatakan
    dalam rapat kabinet terbatas menekankan bahwa Covid-19 ini tidak akan hilang dalam waktu yang singkat, dan perlu menyiapkan diri untuk hidup bersama Covid-19, karena Covid-19 ini akan berubah dari pandemi menjadi epidemi.

    Penegasan Preriden Joko Widodo (Jokowi) rakyat Indonesia harus siap hidup berdampingan dengan Covid-19, yang disampaikan saat memimpin rapat kabinet terbatas tertutup, Senin (6/9/2021) siang. Lebih tepat dengan harapan tetap menjaga mencegah penyebaran mata rantai virus Corona. Tetapi kegiatan perekonomian tetap berjalan dengan protokol kesehatan (Prokes) ketat dan wajib memakai masker.

    Luhut juga menyampaikan sejumlah penyesuaian di masa perpanjangan PPKM sejak 7-13 September 2021 mendatang, seperti ;

    Pertama, penyesuaian waktu makan atau dine in di dalam mall menjadi 60 menit dengan kapasitas 50%

    Kedua, dilakukan ujicoba pembukaan 20 tempat wisata di kota dengan Level 3 dengan penerapan protokol kesehatan ketat, dan implementasi platform Peduli Lindungi.

    Kabupaten/kota dengan status Level 2 juga akan diwajibkan untuk menggunakan Peduli Lindungi pada tempat-tempat wisata yang sudah diperbolehkan buka.

    Ketiga, Pemerintah ujicoba protokol kesehatan dan Peduli Lindungi untuk mall dan pusat perbelanjaan di Bali dengan batasan-batasan tertentu.

    Pelajaran paling berharga selama menghadapi masa pandemi Covid-19 dengan selamat dan kegiatan tetap berjalan ialah dengan 5M; (1) memaki masker, (2) mencuci tangan dengan sabun; (3) melakukan vaksin Covid-19; (4) mengkontrol kerumunan; (5) mengurangi kegiatan.

    Oleh karena itu, hidup bersama Covid-19 sebuah pilihan masa kini dengan Prokes ketat 5M terbaru, supaya mencegah penyebaran Covid-19 tetap berjalan, kegiatan pokok masyarakat ekonomi, sosial, pendidikan, politik, dan pelayanan (ESP3) juga berjalan beriringan.

    Inilah konsep kehidupan normal baru dengan membutuhkan tradisi baru dan penyesuaian dengan Prokes menghadapi kemungkinan Covid-19 menjadi epidemi atau endemi.

     

     

     

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan