Rabu, 27 Oktober 2021
30 C
Surabaya
More
    OlahragaPON XX Papua dengan Keterbatasan, Ada Tidaknya Penonton Tunggu Putusan Presiden

    PON XX Papua dengan Keterbatasan, Ada Tidaknya Penonton Tunggu Putusan Presiden

    JAYAPURA (WartaTransparansi.com) – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua Oktober 2021. Ini event berbeda dengan banyaknya keterbatasan, karena diselenggarakan di masa pandemi covid-19. Sementara apakah pertandingan tanpa atau dengan penonton, akan diputuskan Presiden September nanti.

    “Persiapan rata-rata ada yang sudah 100% tapi ada yang 92-93%. Kita harus akui itu adalah kemajuan mengingat PON XX di Papua tahun ini merupakan PON pertama yang diselenggarakan di masa pandemi Covid-19 yang banyak keterbatasan,” kata Hal itu disampaikan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Sabtu (21/8/2021) mengutip rri.co.id.

    Diharapkan tempat pertandingan yang telah dibangun pemerintah dapat menjadi motivasi untuk berprestasi.

    Baca juga :  Persebaya Krisis Pemain Lawan Persija

    “Venue berkualitas yang dibangun juga diharapkan dapat menjadikan Papua sentra pembinaan olahraga di Indonesia Timur,” harapnya.

    Ia mengharapkan, dengan sisa waktu 41 hari ke depan pelaksanaan PON bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

    “Sisa waktu ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk bekerja ekstra sukseskan PON XX Papua,” harapnya.

    Selain itu Marciano Norman mengungkapkan bahwa keputusan pertandingan tanpa atau dengan penonton berdasarkan pertimbangan Satgas covid-19, dan tuan rumah penyelenggara PON XX Papua.

    “September mendatang, Presiden Joko Widodo akan putuskan pertandingan tanpa atau dengan penonton. Keputusan itu ada di presiden, yang penting kita harus sukseskan PON, meski ditengah pandemic covid-19,” tegasnya.

    Menurutnya, presiden mengarahkan agar memperhatikan masalah kesehatan terutama terkait Covid-19. Presiden perintahkan agar semua kontingen yang ke Papua dan warga Papua di sekitar Venue sudah divaksinasi. KONI Pusat menindaklanjuti arahan Presiden guna memastikan PON XX Tahun 2021 di Papua tidak menjadi klaster Covid-19.

    Baca juga :  Malam Ini, Timnas Bentrok Lawan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23

    “Kalau memang tidak dapat divaksin, ada keterangan dari dokter mengapa tidak dapat divaksin. Tapi saya melihat seluruh KONI Provinsi sudah sangat intens melakukan vaksinasi terhadap atlet dan official mereka,” tandasnya.

    KONI Pusat mengharapkan kontingen 34 provinsi yang tiba di Papua tidak membawa dampak buruk, begitu juga sebaliknya. Pasalnya pandemi covid-19 masih terjadi di seluruh Indonesia.

    Untuk itu, masyarakat di sekitar venue juga menjadi target vaksinasi. Tidak hanya langkah preventif, namun juga langkah terbaik jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

    “Vaksinasi menjadi hal penting saat PON XX Papua, semua masyarakat harus di vaksin terutama yang di sekitar venue PON dan seluruh atlet, official semuanya wajib vaksin. Karena ini juga arahan presiden Joko Widodo,” jelas Marciano Norman.

    Baca juga :  Timnas U-23 Ditumbangkan Australia 2-3

    Penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2021 di empat klaster yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. **

    Reporter :
    Penulis :
    Editor : wetly
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan