Selasa, 26 Oktober 2021
29 C
Surabaya
More
    OpiniTajukKejar Herd Immunity, Malang Vaksinasi di Stadion dan Ponpes
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    Kejar Herd Immunity, Malang Vaksinasi di Stadion dan Ponpes

    Pemprov Jatim Segera Siapkan Aturan Kehidupan Normal Baru

    Setelah Kota Surabaya, Kota Mojokerto, dan Kota Kediri lebih dahulu secara prosentase memenuhi standar herd immunity (kekebalan kelompok), dengan memvaksin warga 70 persen lebih hingga Sabtu (7/8/2021). Jauh lebih baik jika 35 kabupaten/kota terus melakukan berbagai kegiatan mengejar prosentase minimal.

    Sabtu (7/8/2021), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Gajayana Malang diselenggarakan selama dua hari yakni 7-8 Agustus 2021.

    Vaksinasi yang diinisiasi Koarmada II bersama Pemkot Malang ini menargetkan vaksinasi untuk total 30 ribu orang dengan sasaran masyarakat umum termasuk kaum difabel dan lansia. Jumlah ini untuk mengejar supaya Malang Raya segera mencapai minima 70 persen dari jumlah warga yang menjadi sasaran vaksinasi supaya terbentuk herd immunity.

    Vaksinasi di GOR Gajayana, Gubernur Khofifah bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Danlanud Abd Rahman Saleh Malang, Marsma TNI Zulfahmi S.sos, M.Han, serta Kapok Sahli Pangdam V/Brawijaya Brigjen TNI Bagus Budianto.

    Dalam pendukung pelaksanaan percepatan vaksinasi di Stadion Gajayana dan Ponpes Sabilurrosyad Gasek Kota Malang, Gubernur bersama Forkopimda dan pejabat terkait, sangat berharap
    vaksinasi di Malang Raya, dapat segera membentuk herd immunity di Malang Raya.

    Kebersamaan para pejabat di Jatim pada percepatan atau akselerasi vaksinasi. Khusus di Malang, setelah meninjau GOR Gajayana, dilanjutkan ke Ponpes Sabilurrosyad Gasek Kota Malang.

    Setibanya di Ponpes, Gubernur Khofifah disambut langsung KH. Marzuki Mustamar selaku pimpinan Ponpes.
    Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, dalam kesempatan ini Gubernur Khofifah turut menyerahkan 100 paket sembako serta berbagai peralatan kesehatan yakni Sprayer elektrik 2 pcs, Desinfektan 10 liter, masker kain 300 pcs, pakaian hazmat 25 pcs, sarung tangan karet / latex (pendek) 200 pcs, hand sanitizer 10 liter, dan face shield 5 pcs.

    Kemudian kacatama/safety goggles 5 pcs, vitamin C 100 strip, sepatu boot/karet 2 pasang, thermometer gun 2 unit, timba cuci tangan 5 unit, serta dudukan timba cuci tangan 5 unit.

    Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dalam siaran pers Sabtu (7/8/2021) menyatakan bahwa daerah lain diharapkan segera menyusul mencapai target vaksin 70 persen lebih dari total jumlah saaaran sehingga terbentuk herd immunity.

    Diketahui, sasaran
    Pemprov Jatim akan melakukan vaksinasi terhadap 31.826.206 warga, dengan target setiap hari mampu menyuntik vaksin Covid-19 sebanyak
    315 ribu sasaran.

    Guna mencapai harapan itu, LaNyalla berharap pemerintah pusat memberi dukungan terhadap target ini, mengingat saat ini terjadi keterbatasan stok vaksin di Jatim.

    Mengejar herd immunity untuk Malang Raya dan 32 kabupaten/kota juga harus diikuti dengan protokol kesehatan (Prokes) tetap terjaga dengan baik, terutama memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

    Sebaiknya, Pemprov Jatim bersama pihak terkait dan Dinkes Jatim segera menyiapkan aturan kehidupan normal baru dengan Prokes. Juga segera mengumumkan perkembangan vaksinsi di 38 kabupaten/kota secara transparan dengan menjelaskan keterlibatan pihak lain yang mendukung.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan