Selasa, 21 September 2021
26 C
Surabaya
More
    NasionalPaket Obat untuk Pasien Covid Dibagikan Rabu, Pemerintah juga Impor Oksigen

    Paket Obat untuk Pasien Covid Dibagikan Rabu, Pemerintah juga Impor Oksigen

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Pemerintah akan membagikan 300 ribu paket obat terapi COVID-19 untuk orang tanpa gejala (OTG) mulai Rabu (14/7/2021) mendatang. Paket obat ini akan didistribusikan oleh TNI kepada masyarakat.

    “Presiden sudah memutuskan tadi mulai Rabu nanti, minggu ini kita akan launching ada 300 ribu paket obat untuk tadi OTG dan juga untuk kelas-kelas penyakit yang masih tidak serius,” kata Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam jumpa pers yang disiarkan lewat YouTube, Senin (12/7/2021).

    “Jadi paket obat ini akan menjangkau hampir 210 ribu yang kasus aktif yang kita berikan,” sambungnya.

    Luhut mengatakan, pembagian paket obat ini akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan. Paket obat ini akan didistribusikan oleh TNI dan unsur terkait yang dilibatkan.

    Baca juga :  Pasar Tradisional Mulai Bergeliat, Ketua DPD RI Minta Prioritas Vaksin ke Pedagang

    “Ini nanti akan dibagikan oleh TNI bersama-sama nanti elemen-elemen yang lain, prosedurnya sudah disusun sehingga itu bisa jalan,” ujarnya.

    Adapun paket obat pasien kategori OTG dan untuk penyakit yang tidak serius yaitu OTG sebesar 10 persen, paket untuk demam dan anosmia sebesar 60 persen, dan paket demam dan batuk sebesar 30 persen.

    Selaku Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Luhut mengatakan pemerintah juga akan mengimpor sekitar 40 ribu ton oksigen liquid guna mengantisipasi kebutuhan pasien jika lonjakan kasus Covid-19 terus terjadi.

    “Kita berjaga-jaga, walaupun sebenarnya kita butuh semuanya itu. Tapi kalau melihat tren dunia, perkembangan di Amerika Serikat, perkembangan di Inggris di mana tren (Covid-19) sekarang meningkat tajam, kita lebih bagus berjaga-jaga sehingga kita tidak “caught by surprise” (terkejut),” jelas Luhut.

    Baca juga :  Kemenhub Terbitkan Aturan Pembatasan Pintu Masuk Internasional

    Selain oksigen liquid, pemerintah juga aka mengimpor oksigen konsentrat untuk pasien COVID-18 yang bergejala ringan. ***

    Reporter :
    Penulis :
    Editor : Wetly
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan