Selasa, 21 September 2021
26 C
Surabaya
More
    OpiniTajukMenguji Sinergitas TNI/Polri, Pemerintah dan Masyarakat pada PPKM Darurat
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    Menguji Sinergitas TNI/Polri, Pemerintah dan Masyarakat pada PPKM Darurat

    Sabtu Kliwon besok (3/7/2021) babak baru penanganan dan pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

    Berbagai persiapan dan uji coba detik-detik menjelang PPKM Darurat sambil menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri, sudah dilakukan dengan berbagai usaha maksimal guna mendukung program menurunkan kasus terkonfirmasi terinfeksi positif Covid-19 dengan angka kenaikan sangat signifikan.

    Jumat (2/7/2021) di Makodam V Brawijaya, dengan pelaksanaan serentak di beberapa daerah Malang Raya, Madiun Raya dan kawasan Pantura, menggelar apel pasukan dengan dipimpin langsung Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto.

    Wakil Gubernur Pemerintah Provinsi Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mengapresiasi gerak cepat aparat TNI/Polri di Jatim. Sebelum ada instruksi dari Mendagri.

    Baca juga :  Hebat Bermartabat Kota Pahlawan Zona Kuning dan Level1

    Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Jatim dengan anggota berbagai elemen petugas dari TNI, Polri, Satpol PP, pakar dan profesional medis, serta petugas medis dengan dukungan berbagai kalangan terkait, juga melakukan persiapan dalam mendukung aksi giat PPKM Darurat.

    Tentu saja pengalaman selama 15 bulan menangani dan mengendalikan Covid-19, mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PPKM, dan PPKM Mikro, maka pada saat masyarakat mulai bangkit dan mulai berbudaya memakai masker, tiba-tiba saja rem darurat ditarik sehingga diberlakukan PPKM Darurat.

    PPKM Darurat dengan fokus pekerjaan menurunkan kasus terkonfirmasi terinfeksi positif Covid-19, maka belajar dari pengalaman dengan berbagai program kebijakan, kini sangat dibutuhkan sinergitas dalam mewujudkan program secara bersama-sama ini.

    Baca juga :  Tiga Fokus PMI Jatim Perkuat Kehidupan Normal Baru

    Sinergi adalah suatu bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis, sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimum.

    Ada beberapa syarat utama penciptaan sinergi yakni kepercayaan, komunikasi yang efektif, feedback yang cepat, dan kreativitas.

    PPKM Darurat bukan persiapan peperangan juga bukan pengeterapan kebijakan melawan masyarakat dengan ketegasan, apalagi sampai berbau kekerasan. Oleh karena itu, sinergitas TNI/Polri, Pemerintah (Satgas Covid-19) dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk melaksanakan dengan baik dan sesuai harapan semua pihak.

    Oleh karena itu, pelaksanaan PPKM Darurat menguji sinergitas TNI/Polri, pemerintah dan masyarakat (semua elemen dari pengusaha, tokoh agama, tokoh masyarakat, praktisi dari berbagai bidang) dengan semangat melawan bersama-sama memutus mata rantai Covid-19, dengan kepercayaan dan komunikasi yang efektif, bukan mematahkan semangat apalagi mematikan kreativitas. (*)

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan