Kamis, 28 Maret 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaSebelum Diresmikan Presiden, Eri Tinjau Kesiapan PSEL Benowo

    Sebelum Diresmikan Presiden, Eri Tinjau Kesiapan PSEL Benowo

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau kesiapan Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

    Saat tiba di PSEL Benowo, Eri langsung menuju central control room. Di tempat tersebut, ia mengecek proses pengolahan sampah itu hingga bisa menjadi listrik.

    Beberapa ruangan juga dicek. Bahkan,  cat dinding yang warnanya dianggap pudar atau ada yang terkelupas, diminta dicat lagi. Pun lantai,  harus dibersihkan.

    “Jadi, kali ini saya cek kesiapannya, karena Insya Allah tanggal 6 Mei 2021 akan diresmikan oleh Pak Presiden sebagai pengolahan sampah pertama dengan kapasitas listrik terbesar di Indonesia,” tegas Eri seusai meninjau PSEL Benowo.

    Baca juga :  PT. Pegadaian Bantu 2 Unit Ambulance ke Yay. Walisongo dan Klinik Pratama Medika

    Berdasarkan pantauannya, semua sistem sudah berjalan dengan baik di PSEL Benowo itu. Meski begitu, ia mengaku sudah menyampaikan beberapa hal kecil yang harus diperbaiki lagi.

    “Semuanya sudah berjalan dengan baik. Tadi boilernya dan turbinnya berjalan dengan baik. Alhamdulillah sudah berjalan seperti biasa, tadi saya juga ngecek tempat pemilihannya seperti apa, jangan sampai ada yang kurang, tapi alhamdulillah sesuai dengan apa yang ada di kontrak, sehingga ini tinggal persiapan peresmian,” tegasnya.

    Menurutnya, pengolahan sampah menjadi listrik itu sudah berjalan dengan baik selama ini. Bahkan, saat ini sudah bisa menghasilkan listrik 11 megawatt dari pengolahan 1000 ton perhari.

    “Jadi, di dalam kontrak itu seribu ton perhari harus bisa diolah menjadi listrik, tentu ini sangat bermanfaat bagi warga,” ujarnya.

    Baca juga :  Peringatan HUT ke-20 Tagana, Pj. Gubernur Adhy: Mereka Garda Terdepan Penanggulangan Bencana

    Setelah dari PSEL Benowo, rombongan Wali Kota Eri Cahyadi bersama Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati serta Plt Kepala DKRTH meninjau pembangunan jalan, dimulai dari jalan yang tembus antara PSEL Benowo ke kawasan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), lalu ke arah timur yang tembus simpang 4 Fly Over Pelindo dan juga ke utara ke Simpang Romokalisari.

    “Karena ini proyek kementerian, saya cek juga. Nanti akan saya sampaikan ke Presiden progresnya, karena untuk menuju GBT ini ada beberapa pintu masuk, jadi akses jalannya sudah banyak, karena ini juga untuk persiapan Piala Dunia U-21. Targetnya Juni tahun ini sudah rampung semuanya,” katanya. (wt)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan