Sabtu, 15 Mei 2021
29 C
Surabaya
More
    Pojok TransparansiRAMADHAN VIBES is POSITIVE VIBES

    RAMADHAN VIBES is POSITIVE VIBES

    HM. Zahrul Azhar AS, Sip, Mkes

    Situasi pandemi masih kuat terasa di berbagai sektor dan wilayah, walau sudah tidak “semencekam” tahun yang lalu. Sementara suasana Ramadan tahun ini lebih adem ayem dari pro kontra pembatasan penggunan tempat ibadah.

    Masyarakat sudah lebih matang dalam menghadapi pandemi yang sudah setahun lebih hinggap di Tengah tengah masyarakat Indonesia dan bahkan dunia. Sudah berkurang drastisnya eksistensi kelompok2 yang mengkait kaitkan antara pandemi dengan konspirasi dan politik partisan membuat suasana makin adem ayem , kini kita makin tau sebenarnya siapa yang selama ini membuat suasana tampak “mencekam” dan menakutkan penuh sakwa sangka diantara anak bangsa.

    Dampak pandemi memang masih terasa hingga awal Ramadhan tahun ini , bukan hanya di Indonesia bahkan di Arab Saudi pun pihak kerajaan mengeluarkan Larangan untuk beri’tikaf dan ifthar di masjidil haram dan masjid nabawi , serta jumlah rakaat dalam traweh pun dipersingkat, Saya tidak bisa bayangkan andaikan saja kebijakan ini dibuat oleh pemerintah Indonesia, pasti para “jamaah tarekat nyinyiriah” akan terdepan eksis di berbagai kanal medsos.

    Baca juga :  Menag Yaqut Cholil Qoumas Pentingkan Orientasi Kinerja

    Larangan pemerintah Saudi tersebut pasti memiliki landasan dan pertimbangan yang kuat dan tidak akan takut akan kehilangan “RAMADHAN VIBES” yang selama ini selalu menyemarakkan bulan suci Ramadhan.

    Ramadhan VIBES memang tidak Harus dengan terangnya penjor penjor dan letusan mercon mercon yang justru menutupi suara merdu tartil Quran dari musolah dan langgar atau berjajarnya para penjajah kolak manis yang semanis kolaknya disaat ngabuburit, akan tetapi Ramadhan VIBES adalah maraknya kegiatan kegiatan yang sifatnya ritual keibadahan yang intim antara mahluk dan sang Khalik nya.

    Suasana jalanan di Surabaya pada jam jam buka puasa di hari pertama tampak lebih lengang dari biasanya beberapa restoran restoran tidak menerima pengujung yang makan ditempat dan hanya melayani untuk take away saja . Saya membayangkan Yang selama ini jarang buka bersama dengan keluarga inti nya maka ditahun ini mereka akan lebih sering dan lebih intim lagi di saat berbuka puasa bersama sama keluarga .

    Baca juga :  Hasil Puasa Bahagia dan Membahagiakan Orang Lain

    Ramadhan VIBES kali ini seakan mengajak kepada kita umat Islam agar Kita lebih Intim bermunajat kepada Allah dan lebih intim dengan keluarga inti dirumah untuk membangun keluarga yang samara.

    Ramadhan VIBES adalah good VIBES yang insyalloh akan berdampak pada positif VIBES disetiap saat. Selamat ber Ramadhan

    Penulis adalah :

    • Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur
    • Wakil Rektor Unipdu Jombang
    • Wakil Ketua DMI Jawa Timur
    Reporter :
    Penulis : Gus Hans
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan