Jumat, 29 Maret 2024
29 C
Surabaya
More
    EkbisGubernur Buka Pameran Batik Terbesar se Indonesia Timur

    Gubernur Buka Pameran Batik Terbesar se Indonesia Timur

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) –  Gubernur Jatim membuka secara resmi Pameran Batik Bordir & Aksesoris Fair 2021 di sebuah Mall di Surabaya. Pameran ini dikalim sebagai pameran batik terbesar dan terlengkap di Indonesia Timur akan berlangsung mulai 24 Maret hingga 28 Maret 2021.

    Even ini digelar untuk yang ke-16 kalinya dengan mengangkat tema Kebangkitan Kriya dalam Pemulihan Ekonomi di Era Pandemi.

    Pameran ini dihelat dengan menerapkan protokol kesehatan yang berbasis CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) Pameran yang diselenggarakan oleh PT. Debindo Mitra Tama bersama dengan Dekranasda Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur diikuti oleh 85 booth peserta.

    Baca juga :  Internet Sepuasnya, Smartfren Luncurkan Kuota 50 GB dan Unlimited

    Pameran ini menampilkan berbagai produk, desain dan motif terkini baik tradisional , etnik, maupun modern dari kalangan pengusaha industri dan pengrajin batik, bordir, tenun, songket, sulaman, busana tradisional, serta beragam produk fashion.

    “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan berusaha agar para perajin bisa terus bertahan selama pandemi Covid-19. Digelarnya kegiatan ini membutuhkan banyak pertimbangan antara jadi atau tidak jadi, dan Alhamdulillah bisa terlaksana dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ketua Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak Rabu (24/3/2021).

    Arumi mengaku optimis dengan digelarnya kegiatan ini selain memulihkan ekonomi, juga bisa semakin menumbuhkan kecintaan produk buatan dalam negeri. Dengan menerapkan konsep pameran offline to online, Batik Bordir Aksesoris Fair 2021 menyajikan kemudahan bagi para pengunjung pameran untuk dapat berbelanja secara virtual melalui laman www.batikbordirfair.com dan laman resmi Batik Bordir Aksesoris Fair  melalui marketplace Tokopedia.

    Baca juga :  Internet Sepuasnya, Smartfren Luncurkan Kuota 50 GB dan Unlimited

    “Kegiatan ini bertujuan untuk memberi apresiasi dan kesempatan yang seluas luasnya, terlebih sebagai tanda kebangkitan kriya pada masa pandemi, khususnya kepada para pengusaha serta pengrajin batik , bordir dan tenun maupun pengrain kerajinan daerah untuk dapat lebih meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas, produktifitas maupun jaringan pasar secara maksimal di pasar global sekaligus menempatkan batik sebagai warisan budaya bangsa yang harus tetap dilestarikan dan dikembangkan baik di dalam negeri maupun mancanegara,” jelasnya.

    Sementara itu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan kegiatan ini selaras dengan program nasional sejak Agustus lalu yakni bangga buatan Indonesia. Jadi produk-produk yang ditampilkan ini adalah produk kreatif yang membuka kebangkitan ekonomi UMKM di Jatim.

    Baca juga :  Internet Sepuasnya, Smartfren Luncurkan Kuota 50 GB dan Unlimited

    “Backbone ekonomi di Jatim 56,94 persen dari 57 persen adalah UMKM. Oleh karena itu inisiasi ekspose seperti ini akan membuka ruang bagi pelaku ekonomi. Makanya www.batikbordirfair.com ayo diklik supaya marketplacenya bisa lebih luas,” katanya. (guh/min)

    Reporter : Teguh Safrianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan