Rabu, 22 September 2021
33 C
Surabaya
More
    OlahragaPolri Izinkan PSSI Gelar Turnamen Pramusim Piala Menpora

    Polri Izinkan PSSI Gelar Turnamen Pramusim Piala Menpora

    Jakarta (Wartatransparansi.com) –  Kapolri Listyo Sigit Prabowo memberikan kesempatan PSSI untuk menggelar turnamen sepak bola sebagai persiapan menyongsong Liga Indonesia. Adapun turnamen pada 20 Maret sampai 25 April 2021 tersebut yakni Piala Menpora 2021 yang merupakan turnamen pramusim.

    Pernyataan dari Kapolri Listyo Sigit Prabowo pada konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/2/21). Pernyataan Kapolri tak lepas dari upaya Menpora Zainudin Amali, PSSI, dan PT LIB yang berulang kali meminta izin sekaligus menyambangi markas kepolisian secara langsung.

    “Seperti yang disampaikan oleh beliau (Menpora Zainudin Amali), sepak bola harus tetap berjalan. Namun, di sisi lain keselamatan rakyat harus menjadi faktor utama,” terang Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

    Baca juga :  Raih 136 Emas, Target Minimal Tim PON Jatim

    “Di dalam rapat, kita sepakat untuk kita berikan kesempatan, tentunya dengan catatan penegakan aturan protokol kesehatan, itu menjadi syarat utama. “Dalam pernyataannya, Kapolri Listyo Sigit Prabowo berulang kali menekankan adanya protokol kesehatan yang ketat dari penyelenggara turnamen.

    Dia juga tak ingin adanya kerumunan baik di luar lapangan maupun dalam acara nonton bareng (nobar) bagi para pendukung maupun pencinta sepak bola Indonesia.

    Piala Menpora 2021 menjadi “bahan uji coba” terkait penegakan protokol kesehatan menjelang kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021. “Kita akan coba untuk memberikan izin terkait dengan penyelenggaraan. Mungkin ditahap awal bapak Menpora akan menyelenggarakan prakompetisi,” jelas dia.

    “Tentunya kita akan melihat, apakah penyelenggaraan tersebut bisa dilaksanakan sesuai dengan syarat-syarat itu (prokes dan larangan penonton maupun nobar),”.

    Baca juga :  Khawatirkan Cuaca Panas di Teluk Youtefa, Tim Dayung Datang Lebih Awal

    Jika terlaksana sesuai dengan harapan keinginan pihak keamanan, bukan tidak mungkin gelaran Liga 1 dan Liga 2 bisa berjalan. “Namun sebaliknya, bila itu tidak bisa berjalan dengan baik karena ini menyangkut dengan keselamatan masyarakat, tentunya kami akan melakukan evaluasi,” kata dia.

    “Oleh karena itu, harapan dan komitmen, penyelenggaraan pra kompetisi dan kompetisi dengan tetap memegang teguh prokes bisa betul-betul diterapkan. Seperti pertandingan di luar negeri, pertandingan tanpa penonton akan menjadi salah satu yang akan kita coba.”

    “Tentunya dengan tahapan evaluasi. Kalau itu semua bisa berjalan dengan baik, maka terkait dengan program selanjutnya akan kita beri kelonggaran. Saya harapkan, seluruh pencinta sepak bola bisa menjaga komitmen ini untuk kemajuan bersama bagaimana masyarakat bisa mendapatkan hiburan.” “Kita juga bisa memilih calon-calon pemain yang tengah disiapkan Menpora dan Ketua PSSI untuk SEA Games dan Piala Dunia,” tandas Kapolri. (sr)

    Reporter :
    Penulis : samuel ru'ung
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : Wartatransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan