Minggu, 19 September 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiPolresta Banyuwangi Berhasil Ungkap Kasus Residivis Curanmor

    Polresta Banyuwangi Berhasil Ungkap Kasus Residivis Curanmor

    BANYUWANGI (Wartatransparansi.com) – Kasus residivis pencurian sepeda motor (curanmor) di Kabupaten Banyuwangi berhasil diungkap kepolisian resort kota (Polresta) yang berhasil diamankan Satreskrim pada tanggal 21 Desember 2020 lalu.

    Tersangka atas nama Sunarto (48) warga Desa Sidodadi, Kecamatan Wongsorejo. Ia merupakan residivis yang sudah berulang kali digelandang di Mapolsek setempat dari kasus yang sama. Pelapor inisial B dan inisial A, kasus tersebut berdasarkan 1 laporan di sektor Rogojampi dan 1 laporan di Satreskrim Polresta Banyuwangi,” jelas Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin. Selasa (29/12/2020).

    Arman menjelaskan aksi pelaku ini terbilang lihai. Sebelum melancarkan aksinya pelaku terlebih dulu melakukan pengintaian dan pengamatan terhadap korban sekitar 3 – 4 hari, pelaku melakukan pengintaian terhadap korban. Kemudian saat korban lengah, pelaku menggondol kendaraan roda dua yang terparkir di garasi rumah. Pelaku memanjat tembok terlebih dahulu, kemudian pelaku menggunakan kunci T untuk menyalakan sepeda motor,” terang Arman.

    Baca juga :  Tumpas Narkoba Semeru 2021, Polresta Banyuwangi Peringkat 3 Se – Polda Jatim

    Dalam memperlancar aksinya, pelaku tidak sendirian, ia dibantu rekannya yang saat ini masih dalam pencarian kepolisian. Rekannya ini juga merupakan residivis yang sudah berulang kali keluar masuk penjara karena melakukan hal yang sama.

    Kemudian motor hasil curiannya itu, keesokan harinya dijual ke penadah Didik Rudiyanto (54) asal Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Saat ini Didik selaku penadah motor curian itu juga turut digelandang di Polresta Banyuwangi bersamaan dengan tersangka Sunarto.

    Masih kata Arman, Dari olah TKP yang saat ini juga masih dikembangkan Polresta berhasil mengamankan beberapa barang bukti. mendukung tindakan kejahatan yang dilakukan oleh pelaku. Barang bukti ada empat unit sepeda motor, Ada 13 barang bukti alat yang digunakan pelaku, Diantaranya Kunci T dengan berbagai macam bentuk, kunci busi, tang pemutus,” jelasnya.

    Baca juga :  Bayar 250 Ribu Harap Dapatkan Bantuan Sapi, Ternyata…

    Mengingat kasus ini merupakan seorang residivis, Arman juga mengatakan akan mengembangkan kasus ini untuk menulusuri jaringan gembong curanmor yang saat ini meresahkan tersebut. Karena ini residivis, kita akan mengembangkan apakah ini jaringan besar di Kabupaten Banyuwangi, atau di beberapa daerah di wilayah Jawa Timur, ini masih dalam penyelidikan,” tandasnya.

    Untuk diketahui sepanjang tahun 2020 Kepolisian resort kota (Polresta) Banyuwangi berhasil mengungkap 1.204 kasus kriminal di wilayah Banyuwangi. (Yin).

    Reporter : Nur Muzayyin
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan