Jumat, 21 Juni 2024
24 C
Surabaya
More
    Renungan PagiJauhi Dengki

    Jauhi Dengki

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Dengki (hasad), adalah membenci kenikmatan yang diberikan Allah kepada orang lain dan ingin agar orang tersebut kehilangan kenikmatan itu.

    Dengki dapat merayapi hati orang yang merasa kalah wibawa, kalah popularitas, kalah pengaruh, atau kalah pengikut, dan Yang didengki itu tentulah pihak yang dianggapnya lebih dalam segala hal, terutama dalam hal wibawa, polularitas, pengaruh, dan jumlah pengikut.

    Rasulullah Shalallahu ‘Alayhi Wasallam bersabda, “Hindarilah dengki karena dengki itu memakan (menghancurkan) kebaikan sebagaimana api memakan (menghancurkan) kayu bakar.”
    (HR.Abu Daud).

    Dengki melahirkan fitnah atau berita buruk terhadap sasarannya, bahkan ada sasaran yang tak mampu membela diri. Oleh karena orang dengki sibuk dengan kedengkiannya, maka ia lupa dengan kebaikan yang harus ia lakukan.

    “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”
    (QS.An Nisa : 32)

    Oleh Ferry Ismirza

    Penulis : Ferry Ismirza

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan