Kamis, 22 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiSekprov Rakor Forkompimda Banyuwangi Atasi Klastr PP Darussalam Blokagung

    Sekprov Rakor Forkompimda Banyuwangi Atasi Klastr PP Darussalam Blokagung

    BANYUWANGI (WartaTransparansi.com) – Sekdaprov Jawa Timur Heru Tjahjono menggelar Rakor dengan Forkompimda Banyuwangi untuk mengatasi kalastr Covid-19 di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Karangdoro Banyuwangi, Senin (31/8/2020)

    Rakor dengan Pemerintah Kabupaten, TNI dan Polri dilakukan atas arahan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Menurut Heru, langkah yang dilakukan adalah untuk penetrasi kesiapan, khususnya soal akomodasi dan konsumsi untuk PP Darussalam.

    Di ponpes ini ada enam ribu santri, dan saat ini masih proses swab sudah seesai tinggal nunggu hasilnya.  Namun demikian konsumsinya harus kita dukung,” ujar Heru.

    Kami mengimbau peran serta dari pihak terkait agar dapat dilakukan secara komprehensif dan maksimal.

    Sementara khusus untuk mengatasi suplai makanan bagi para santri, Heru Tjahjono berharap ketersediaan 18.000 nasi bungkus dalam sehari.

    Baca juga :  Perolehan Hasil Suaranya Hilang, Caleg PAN Banyuwangi Menduga Ada Kecurangan

    Jumlah tersebut terbagi dalam tiga kali makan yang disiapkan melalui dapur umum gabungan BPBD Jatim dan Kab. Banyuwangi, Dinas Sosial Jatim dan Kab. Banyuwangi didukung Kodim 0825 Banyuwangi.

    “Untuk itu, saya berharap ada koordinasi yang baik antara BPBD Jatim dan Kabupaten Banyuwangi, Tagana dari Dinsos dan anggota TNI,” pintanya.

    “Prinsipnya lapangan ini digunakan untuk lapangan terintegrasi komprehensif untuk menangani kasus covid19 yang ada di pondok,” tambahnya.

    Selain itu, Sekdaprov Heru juga menegaskan bahwa makanan yang disajikan akan dijamin kualitas gizi dan higienisnya. Untuk mengujinya, dirinya memerintahkan Ketua Tim Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim Dr. Kohar Hari Santoso memantau keamanan makanan yang akan didistribusikan ke pondok.

    Baca juga :  Perolehan Hasil Suaranya Hilang, Caleg PAN Banyuwangi Menduga Ada Kecurangan

    “Tentunya makanan yang akan dibagi juga kita cek kalori dan higienisnya, ada food security nya, kita cek agar nantinya yang disajikan benar-benar memenuhi syarat,” tegasnya.

    Heru menekankan bahwa dapur umum yang dibangun akan resmi berjalan mulai Kamis, 3 September 2020. Sedangkan untuk hari ini dan dua hari ke depan akan disupport Pemprov Jatim dan Pemkab Banyuwangi.

    “Hari ini kebutuhan makan siang dan malamnya dicukupi dari BPBD Kabupaten Banyuwangi, paginya diintervensi dari Provinsi sambil menunggu persiapan keseluruhan,” ujarnya.

    Dalam kunjungan tersebut, Heru Tjahjono didampingi Kepala BPBD Jawa Timur Suban Wahyudiono, Kepala Dinas Sosial Alwi, dan Ketua Tim Tracing Gugus Tugas Covid-19 Dr. Kohar Hari Santoso, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono dan Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf. Yuli Eko Purwanto S.IP. (yin/jam)

    Reporter : Nur Muzayyin/Jamhari

    Editor : Amin Istighfarin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan