Rabu, 14 April 2021
28 C
Surabaya
More
    TajukMasih Adahkah Peri-Kemanusiaan dan Peri-Keadilan

    Masih Adahkah Peri-Kemanusiaan dan Peri-Keadilan

    Oleh : Djoko Tetuko (Pemimpin Redaksi WartaTransparansi

    Hari ini bersamaan dengan proklamasi kemerdekaan Negara Republik , 75 tahun silam, suatu masa cukup lama dan nampak kesakralan itu sudah semakin menjauh, nampak juga sudah tua sekali, nampak seperti semua sudah lupa, jika bangsa ini masih memiliki cita-cita mendunia, memanusiakan , menempatkan keadilan di atas tahta dan harta. Menempatkan keTuhanan dalam peribadatan semua agama Yang Esa. Itulah amanat pada Pembukaan UUD 1945.

    —-/—-
    Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan.

    Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

    Baca juga :  Gempa Malang Manusia Wajib Tetap Syukur dan Sabar

    Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

    Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawatan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
    ——/—-

    Reporter :
    Penulis : Djoko Tetuko
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan