Sabtu, 22 Juni 2024
28 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanHery Sugihono : RUU HIP Berbau Komunis Harus Ditolak

    Hery Sugihono : RUU HIP Berbau Komunis Harus Ditolak

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Usulan Pemerintah tentang Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasilan (RUU HIP) yang kini tengah dibahas DPR RI menimbulkan pro kontra.

    Sebab RUU HIP  tersebut diduga dimasuki paham komunis dan tidak mencantumkan TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 tentang Larangan Ajaran Komunisme, Marxisme-Leninisme.

    Hery Sugihono Toegas Utomo, mantan Ketua KNPI Jawa Timur periode 2000-2006, mengatakan dengan tegas menolak RUU HIP berbau komunis yang tengah di bahas di DPR. Bahkan pihaknya mengharapkan agar anggota DPR betul betul mencermati pasal demi pasal dan tidak terburu buru mengesahkan menjadi sebuah undang undang. Ini menyangkut soal bangsa Indonesia kedepan.

    RUU tersebut bermasalah karena tidak memasukkan TAP MPR yang terkait langsung dengan penyelamatan ideologi Pancasila, ujarnya kepada WartaTransparansi.com, di Surabaya,  Rabu (27/5/2020). Sangat disayangkan tidak dimasukannnya TAP MPRS tentang larangan ideologi komunisme yang masih berlaku sebagai dasar hukum RUU HIP

    Baca juga :  Tahun 2024 Semua Layanan Publik Jatim Diharap Naik Status Menjadi A

    Hery Sugiono yang juga pernah menjadi anggota DPRD Jawa Timur periode 2014-2019, menyatakan RUU HIP tidak memuat dasar hukum, seperti TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 yang menyatakan PKI sebagai partai terlarang dan melarang setiap kegiatan untuk menyebarkan atau mengembangkan ideologi atau ajaran komunisme, marxisme dan leninisme.

    Sementara, lanjutnya, RUU tersebut malah mencantumkan TAP MPR lain yang tidak terkait langsung dengan pengokohan dan penyelamatan ideologi Pancasila, sebagai dasar pembentukan RUU HIP.

    Organisasi kemasyarakatan, Ormas Kepemudaan maupun kalangan akademisi  hendaknya mengkaji lebih mendalam tentang RUU HIP yang diduga berbau komunisme itu.

    “RUU HIP harus ditolak karena akan mengganggu bangsa Indonesia yang religius dan menjunjung tinggi asas ketuhanan yang Maha Esa,” tandas Hery Sugihono yang juga mantan Ketua Ormas  FKPPI Jawa Timur tahun 2006-2011. Ini sangat berbahaya

    Baca juga :  Golkar Jatim Yakin Kyai Marzuqi Tidak Nyalon Gubernur

    PKI itu organisasi yang sejak dulu ideologinya ingin merusak bangsa Indonesia dan bertentangan dengan Pancasila.

    Sebelumnya, DPR RI menyetujui RUU HIP sebagai inisiatif DPR dalam Rapat Paripurna, Selasa (12/5/2020) lalu. RUU HIP sendiri merupakan bagian dari program legislasi nasional (prolegnas) 2020-2024.  (min)

    Reporter : Amin Istghfari

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan