Minggu, 21 Juli 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiGebrak Desak Pemprov Jatim Transparan Gunakan Anggaran Covid-19

    Gebrak Desak Pemprov Jatim Transparan Gunakan Anggaran Covid-19

    BANYUWANGI (WartaTransparansi.com) – Sebuah LS. Gerakan Buruh dan Rakyat Anti Korupsi (GEBRAK) mengingatkan agar Gubernur  hati hati dalam penggunaan anggaran yang bersumber dari relokasi anggaran APBD Jatim. Disarankan Pemerintah Provinsi Jawa Timur supaya lebih fokus dalam penggunaan anggaran sebesar Rp. 2,384 triliun untuk penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

    Penggunaan anggaran diharapkan dilakukan secara transparan, dengan mencontoh Pemprov DKI Jakarta yang lebih terbuka.

    “Anggaran sebesar Rp. 2,384 triliun  harus digunakan dengan tepat sasaran dan transparan,” ujar Ketua GEBRAK, Muhammad Helmi Rosyadi melalui siaran persnya yang diterima wartatransparansi.com, Minggu (12/4/2020).

    Helmi mengatakan, anggaran sebesar Rp. 2,384 triliun seharusnya dialokasikan untuk belanja fasilitas yang berpengaruh langsung terhadap penanganan pandemi Covid-19.

    Misalnya, donasi digunakan untuk pembelian APD, atau fasilitas lain yang digunakan oleh perawat, dokter dan tenaga medis yang berjuang di garda (front) terdepan dalam penanganan Covid-19.

    Jika anggaran penanganan Covid-19 di Provinsi Jawa Timur itu lebih banyak dipergunakan untuk biaya operasional tim gugus tugas maka dikhawatirkan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemprov Jatim. Jangan lula bahwa anggaran itu bersumber dari APBD, berarti uang rakyat.

    Anggaran sebesar itu diharapkan dipergunakan dengan sebaik-baiknya, termasuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 .

    Penanganannya harus tepat sasaran, dan bukan dihabiskan untuk operasional gugus tugas.

    Jika anggaran sebesar Rp. 2,384 triliun untuk penanganan Covid-19 dilakukan secara tidak transparan dan tidak tepat sasaran, GEBRAK siap mengambil langkah hukum.

    Itu semua uang rakyat. Jangan main-main, apalagi mengambil keuntungan di balik musibah ini,” tutupnya. (Yin).

    Reporter : Nur Muzayyin

    Editor : Amin Istighfarin

    Redaktur : A

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan